Parigi Moutong genjot Pamsimas bagi masyarakat

id Parimo

Parigi Moutong genjot Pamsimas bagi masyarakat

Wabub Parimo H.Badrun Nggai, SE membukan sosialisasi Pamsimas 2017 di Parigi, Selasa (11/7) (Antarasulteng.com/Humas Pemkab Parimo)

Badrun Nggai: 105 desa sudah dijangkau program Pamsimas
Parigi (Antarasulteng.com) - Program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) merupakan salah satu program andalan pemerintah bagi masyarakat perdesaan.

Untuk itu pemerintah pusat meluncurkan program Pamsimas I dan Pamsimas II yang berlanjut dengan program Pamsimas III pada tahun 2016-2019.

Merujuk pada program tersebut, Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong melalui Bappelitbangda melaksanakan sosialisasi program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat Tahun 2017 di auditorium Kantor Bupati Parigi Moutong, Selasa (11/07) yang dibuka Wakil Bupati Parigi Moutong H. Badrun Nggai.

Wabup Badrun Nggai mengatakan program Pamsimas bertujuan untuk meningkatkan jumlah warga masyarakat yang dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi, khususnya mereka yang berpenghasilan rendah di wilayah perdesaan.

"Parigi Moutong adalah salah satu kabupaten yang telah melaksanakan program Pamsimas di 105 desa dampingan yang tersebar di semua wilayah kecamatan. Sedangkan pada 2016 terdapat 19 desa yang sedang melaksanakan kegiatan ini," ujar Wabub.

Badrun Nggai berharap kepada para camat untuk memantau dan menyokong desa-desa yang menjadi calon penerima program ini serta pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terkait untuk memantau dan melakukan pengawasan kepada calon-calon desa yang akan ikut serta dalam program ini.

Kepala-kepala desa yang hadir dalam sosialisasi ini diharapkan dapat menyerap informasi yang penting untuk disosialisasikan kembali kepada masyarakatnya karena program ini tidak akan berjalan dengan baik jika masyarakat desa tidak mengetahui program ini.

Sementara itu Nyoman Sudiara melaporkan sosialisasi ini dihadiri peserta dari Bappelitbangda Parigi Moutong, Dinas PU, Dinas Kesehatan, Dinas PMD, Ketua Satker Pamsimas III, Ketua Distrik dan Anggota Pamsimas Parigi Moutong, para camat di wilayah Pamsimas III, para kepala desa calon penerima program dan para pelaku program pamsimas baik di tingkat kabupaten maupun di tingkat Desa. (Humas Pemkab Parimo)