Pemkab Sigi Maksimalkan Program Penurunan Kemiskinan

id miskin

Warga miskin berebut mendapatkan paket sembako murah. (ANTARA/Ahmad Subaidi) (antara)

Sigi, Sulawesi Tengah,  (antarasulteng.com) - Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta meluncurkan program inovasi Sigi Masagena sebagai upaya menurunkan angka kemiskinan daerah itu.

"Sigi Masagena adalah salah satu program inovasi yang bertujuan untuk membangun kemandirian ekonomi masyarakat menengah kebawa," ungkap Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta di Sigi, Sulawesi Tengah, Sabtu.

Irwan Lapatta menguraikan peluncuran program pengentasan kemiskinan itu dilaksanakan di Lapangan Sepakbola Desa Bolapapu Kecamatan Kulawi Raya, Rabu (12/7) siang, sekaligus peringatan hari jadi kabupaten ke-IX.

Ia mengatakan bahwa peluncuran program tersebut disaksikan langsung oleh Gubernur Sulteng diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Politik dan Hukum Hidayat Lamakarate serta beberapa wakil bupati, wakil wali Kota Palu serta pimpinan perguruan tinggi di Sulawesi Tengah.

Peluncuran program Sigi Masagena diikutkan dengan pemberian bantuan bangunan rumah tidak layak huni dan seragam sekolah kepada masyarakat menengah kebawah di kabupaten itu.

"Agar masyarakat bisa mandiri dan keluar dari kemiskinan, maka harus diberikan akses pendidikan, kesehatan serta lapangan kerja dan bantuan rumah," ujarnya.

Ia mengaku bahwa Pemkab Sigi telah menyiapkan kurang lebih 24.000 kartu Sigi Masagena yang akan diberikan kepada 24.000 masyarakat kurang mampu di kabupaten itu.

Pemegang kartu akan mendapat akses pendidikan secara gratis, kesehatan serta bantuan pemberdayaan termasuk bangunan rumah.

"Kartu Sigi Masagena sama seperti kartu Jakarta sehat. Setiap pemegang akan mendapatkan pelayanan dari pemerintah, serta menjadi prioritas pemerintah," katanya. (skd) 
Pewarta :
Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar