Pemprov Awasi Perkembangan Harga Kebutuhan Pokok

id Pasar, Murah,

Pemerintah provinsi Sulawesi Tengah terus memantau perkembangan harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok agar tidak terjadi kelangkaan barang dan harga yang melonajk. (ANTARASulteng/Mohamad Hamzah)

"Kami rutin memantau ke pasar-pasar tradisional maupun modern untuk mengetahui stok dan harga kebutuhan pokok di pasaran,"
Palu (antarasulteng.com) - Tim Terpadu Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Sulawesi Tengah terus mengawasi ketersediaan dan pergerakan harga berbagai jenis kebutuhan pokok di pasaran di daerah setempat.

"Kami rutin memantau ke pasar-pasar tradisional maupun modern untuk mengetahui stok dan harga kebutuhan pokok di pasaran," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulteng, Abubakar Alamahdali di Palu, Senin.

Abubakar termasuk salah satu anggota TPID Provinsi Sulteng yang selama ini cukup gencar melalukan sidak ke pasar dalam rangka mengamankan dan mengendalikan harga pangan di daerah itu.

Ia mengatakan berdasarkan data dan juga hasil pemantauan baik sebelum hari raya lebaran maupun pasca lebaran sampai saat ini, tidak terjadi gejolak harga pangan dan kebutuhan pokok lainnya. Pasar cukup stabil.

Menurut dia, semua pihak termasuk para distributor sangat berperan menyediakan stok jumlah memadai sehingga harga bisa dikendalikan, meski permintaan masyarakat meningkat.

Semua instansi yang masuk dalam TPID di Sulteng, termasuk pula satgas pangan yang telah dibentuk tingkat provinsi sampai kabupaten/kota di Sulteng, seluruhnya sangat konsen dengan tugas dan tanggungjawabnya.

Ada koordinasi dan sinergi antara semua pihak yang terkait, termasuk para distributor maupun subdistributor.

Abubakar juga menambahkan ke depan ini, masyarakat akan menghadapi hari raya Idul Adha, Natal dan Tahun Baru.

Pemprov Sulteng tentu telah mengantisipasinya antara lain akan melaksanakan kembali pasar murah di beberapa lokasi permukiman masyarakat baik di Palu maupun kabupaten/kota di provinsi ini.

Setiap menjelang hari raya, Dinas Perindustrian dan Perdagangan bersama-sama dengan TPID dan dua BUMN yakni Perum Bulog dan PT Perusahaan Perdagangan Indonesia selalu menggelar operasi pasar dan pasar murah.

Salah satu sasaran dari kegiatan tersebut untuk membantu masyarakat mendapatkan berbagai kebutuhan pokok dengan harga yang murah.

Juga kegiatan tersebut sebagai upaya menekan inflasi dengan mengendalikan harga. "Kalau harga stabil, tentu itu akan sangat membantu perintah dalam menekan inflasi di daerah, termasuk di Sulteng. ***
Pewarta :
Editor: Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar