BNNP Sulteng Berdayakan Masyarakat Berantas Peredaran Narkoba

id BNNP

BNNP Sulteng Berdayakan Masyarakat Berantas Peredaran Narkoba

Kepala BNN Sulteng Bidjend Polisi Tagam Sinaga memaparkan materi tugas dan fungsi BNN dalam pencegahan peredaran narkoba pada kampanye anti kekerasan terhadap anak dan narkoba di Auditorium IAIN Palu, Selasa (25/7) siang. (Amat Radinov)

Palu,  (Antarasulteng.com) - Badan Narkotika Nasional Provinsi Sulawesi Tengah memberdayakan masyarakat guna memberantas peredaran narkoba di daerah tersebut, demi mencegah lebih banyak anggota masyarakat terkontaminasi barang haram tersebut.

"Dalam memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, BNN tidak dapat bekerja sendiri. Karena itu, masyarakat harus dilibatkan dalam pencegahan dan pemberdayaan masyarakat anti narkoba," ucap Kepala BNN Sulteng Tagam Sinaga pada kampanye anti kekerasan terhadap anak dan narkoba di auditorium IAIN Palu, Selasa,

Dikatakan, pemberdayaan masyarakat guna meningkatkan daya tangkal masyarakat terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

Selain itu, kata dia, juga untuk meningkatkan partisipasi instansi terkait komponen masyarakat dalam pelaksanaan P4GN.

Dia menyebut BNN menerapkan tiga konsep pemberdayaan, yaitu masyarakat akan diberikan peran untuk memberantas, mencegah dan merehabilitasi.

Bahkan, kata dia, BNN memberikan peran kepada masyarakat untuk membantu satgas atau relawan anti narkoba yang ada di masyarakat.

"Masyarakat harus melaporkan kepada penyuluh bila ada keluarga, kerabat, tetangga sebagai penyalah guna narkotika," sebutnya.

Lebih lanjut ia menguraikan Sulawesi Tengah berada di urutan 15 dalam data prevalensi penyalah guna narkoba tahun 2015 dengan jumlah penyalah guna 39.810.

Sementara Kota Palu berada di urutan 2 tingkat prevalensi penyalah guna narkotika Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2015 dengan uraian coba pakai 2.928, teratur pakai 1.579, pecandu suntik 86, pecandu non-suntik 861. Berdasarkan golongan masyarakat terdiri dari pekerja 2.727, pelajar 10.777 dan masyarakat 9.180 total keseluruhan 39.914.