Danau Lindu Destinasi Wisata Menarik

id danau

Danau Lindu di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah (Foto Antara/Anas Masa)

"Salah satu daya tarik obyek wisata itu bagi para wisatawan karena dikelilingi lima desa dan hutan sekitarnya yang masih terjaga dengan baik menjadi habitat berbagai jenis flora dan fauna, termasuk satwa-satwa endemik seperti kera, babi rusa, anoa, b
Sigi, Sulteng, (antarasulteng) - Masyarakat di Kecamatan Lindu, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, diminta untuk menjaga kelestarian Danau Lindu sebagai destinasi wisata andalan yang dapat menopang dan meningkatkan perekonomian masyarakat dan pendapatan devisa bagi negara.

Camat Lindu Achim Pampouw yang dihubungi di Lindu, Kamis, mengatakan Danau Lindu merupakan salah satu dari sejumlah destinasi wisata andalan Provinsi Sulawesi Tengah yang diharapkan mampu menarik banyak wisatawan setiap tahunnya.

Salah satu daya tarik obyek wisata itu bagi para wisatawan karena dikelilingi lima desa dan hutan sekitarnya yang masih terjaga dengan baik menjadi habitat berbagai jenis flora dan fauna, termasuk satwa-satwa endemik seperti kera, babi rusa, anoa, burung Sulawesi, kuskus dan ratusan jenis satwa lainya.

Keunikan lainnya, kata Achim, Danau Lindu berada pada ketinggian sekitar 2.000 meter dari permukaan laut (mdpl) dengan suhu udara yang cukup dingin.

"Ini yang disukai para wisatawan mancanegara," kata dia.

Kecamatan Lindu juga berada di dalam Kawasan Taman Nasional (TNLL) yang menjadi paru-paru dunia hingga kini masih belum bisa dijangkau kendaraan mobil karena jalannya belum memadai.

Untuk mencapai wilayah itu, hanya bisa dengan jalan kaki atau naik sepeda motor menyusuri tebing dan jurang cukup dalam.

Mengingat Danau Lindu telah ditetapkan sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Provinsi Sulteng bahkan nasional, Camat Achim meminta masyarakat yang ada di wilayah itu untuk tetap menjaga kelestarian hutan, satwa dan danau.

"Saya berharap masyarakat tidak merusak hutan dan memburu lagi satwa-satwa yang selama ini dilindungi," harapnya.

Sebabaliknya, masyarakat tetap menjaganya sehingga tetap terlestarikan.

Di tepian Danau Lindu juga telah dibangun cottage-cottage untuk menampung para wisatawan mancanegara maupun domestik yang mengunjungi obyek wisata tersebut. (BK03)
Pewarta :
Editor: Anas Masa
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar