Gubernur Sulteng: Evaluasi Terus Kinerja Koperasi

id longki

Gubernur Sulteng: Evaluasi Terus Kinerja Koperasi

Drs. Longki Djanggola, MSi (humas)

Parigi,  (antarasulteng.com) - Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola meminta instansi teknis untuk terus melakukan evaluasi terhadap pengurus dan kinerja koperasi guna meningkatkan kembali fungsi dan peran koperasi sebagai soko guru perekonomian masyarakat, terutama di pedesaan.

Ketika memberikan sambutan pada acara peringatan Hari Koperasi ke-70 tingkat Provinsi Sulteng di Parigi, Rabu, gubernur menyebut bahwa di daerah ini tercatat sekitar 2.000 koperasi, namun 600 di antaranya sudah tidak aktif lagi menjalankan kegiatannya karena berbagai kendala.

"Dengan koperasi sebanyak itu dan tersebar di semua kabupaten/kota, ternyata belum ada yang mampu memberikan hasil yang sangat memuaskan jika dibandingkan dengan koperasi di provinsi lainnya yang omzetnya bisa mencapai Rp8 sampai Rp18 miliar setiap tahunnya," ujarnya pada sambutan tertulis yang dibacakan Asisten Perekonomian Bunga Elim Somba.

Namun begitu, kata gubernur, hal yang patut disyukuri adalah bahwa Provinsi Sulawesi Tengah tahun ini mendapat penghargaan koperasi berprestasi tingkat nasional dari Presiden RI.

Koperasi tersebut adalah Koperasi Bina Sejahtera Parigi yang dinilai sebagai koperasi berpredikat baik dalam pengelolaan kelembagaan.

Penghargaan tersebut diserahkan Presiden Joko Widodo kepada Gubernur Sulteng Longki Djanggola pada puncak peringatan Hari Koperasi tingkat nasional di Makassar, Sulawesi Selatan, 12 Juli 2017.

Gubernur yang mantan Bupati Parigi Moutong selama delapan tahun itu meminta jajaran Dinas Koperasi untuk lebih fokus membina koperasi sebagai soko guru ekonomi rakyat, terutama di pedesaan.

"Koperasi adalah cerminan dari perekonomian bangsa Indonesia yang dibangun dengan prinsip gotong royong sebagai penyokong perekonomian rakyat sehingga seluruh jajaran pemerintah daerah atau intansi tekhnis diharapkan terus mengevaluasi kinerja koperasi di daerah masing-masing," ujarnya.

Sementara itu Wakil Bupati Parigi Moutong H Badrun Nggai mengaku bangga karena daerahnya kembali ditunjuk menjadi penyelenggara Hari Koperasi tingkat provinsi Sulteng karena hal ini mampu meningkatkan pendapatan masyarakat dan perekonomian daerah setempat.

Ketua Panitia penyelenggaraan HUT ke-70 Koperasi Jerry Budiman menyebutkan sebelum acara puncak ini digelar, pihaknya menyelenggarakan berbagai kegiatan di antaranya jalan santai yang diikuti 2.000-an peserta guna menyosialisasikan peran dan keberadaan koperasi di Kabupaten Parigi Moutong dalam menyokong perekonomian masyarakat. (skd)