SEA Games 2017 - Suporter sudah siapkan Merah Putih raksasa di Malaysia

id u22

SEA Games 2017 - Suporter sudah siapkan Merah Putih raksasa di Malaysia

Timnas U-22 Indonesia (ANTARA/Sigid Kurniawan)

Kuala Lumpur, Malaysia (antarasulteng.com) - Sejumlah suporter yang tergabung dalam Aliansi Suporter Indonesia telah menyiapkan bendera merah putih raksasa untuk mendukung Timnas Indonesia dalam pertandingan sepak bola SEA Games ke 29 di Kuala Lumpur.

"Banyak hal yang telah kami siapkan untuk mendukung Timnas di SEA Games ini, termasuk bendera merah putih 20x30 meter yang sudah kami gagas sejak enam bulan yang lalu," ujar Koordinator Aliansi Suporter Indonesia Aditia Dulo di Kuala Lumpur, Senin.

Dia mengatakan sejumlah komunitas suporter siap memberikan dukungan di antaranya Bonek Malaysia, Ultras Gresik Malaysia, Kediri Extreem Malaya, Bobotoh Malaya, Kconk Mania Malaysia, dan berbagai suporter klub Indonesia di Malaysia.

"Tentang dukungan dana sejauh ini belum ada dukungan dari pihak mana pun, semuanya berasal dari inisiatif teman-teman sendiri dari biaya hingga tenaga," kata Aditia.

Dia menghimbau teman-teman suporter yang memang bekerja di Malaysia atau teman-teman suporter yang datang dari Indonesia bergabung dengan mereka  dan berkumpul di Gapura Stad Shah Alam dua jam sebelum "kick off".

"Mengenai tiket, kami juga dapat membantu untuk mengakomodir secara kolektif," kata koordinator Bonek Malaysia ini.

Pengurus Aliansi Suporter Indonesia lainnya, Luki Ardianto, mengatakan salah satu tujuan utama kehadiran aliansi di Malaysia adalah agar suporter Indonesia tidak terpecah seperti dulu.

"Terpecah dalam arti koordinasi, maka dari itu kami dari kemarin terus menjajaki komunitas suporter Klub Indonesia di Malaysia untuk bergabung dan menjadi satu untuk mendukung Indonesia dalam satu wadah dan satu warna," kata dia.

Koordinator Kediri Xtreme pendukung Persik Kediri ini mengajak komunitas suporter Indonesia di Malaysia bergabung dengan aliansi.

"Kita Bersatu untuk Indonesia, hilangkan rivalitas, karena Indonesia itu lebih utama. Kita bersama membuktikan bahwa kita bisa bersatu dalam panji merah putih. Ayo Dukung Indonesia. Simpan dulu atribut klub. Mari kita merahkan tribun penonton di setiap laga Indonesia dengan laungan Indonesia Bisa," kata dia.

Selasa esok Indonesia akan menantang juara bertahan Thailand di Stadium Shah Alam pukul 16.00. Dua hari kemudian pada Kamis (17/8) ditantang Filipina di Stadium Shah Alam pukul 16.00. Minggu (20/8) Indonesia menghadapi Timor Leste di Stadium Selayang pukul 16.00, Selasa (22/8) dihadang Vietnam di Stadium Selayang, dan Kamis (24/8) dijajal Kamboja di Stadium Shah Alam pukul 16.00. (skd)