Pemkot Palu Bersihkan Lokasi Kebakaran Pasar Masomba

id masomba

Pemkot Palu Bersihkan Lokasi Kebakaran Pasar Masomba

PASCAKEBAKARAN MASOMBA Sejumlah pedagang mencari sisa barang dagangan pascakebakaran yang melanda lapak mereka di Pasar Tradisional Masomba, Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (9/8). Kebakaran yang terjadi pada Selasa (8/8) mengakibatkan sedikitnya 300 lapak terbakar. Kebakaran diduga terjadi akibat arus p

Palu,  (antarasulteng.com) - Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah selama beberapa hari pascakebakaran Pasar Tradisional Masomba melakukan pembersihan puing-puing di lokasi pusat perbelanjaan yang ludes terbakar itu.

Di lokasi pasar yang terletak di Kecamatan Palu Selatan, belakang Mall Ramayana Tatura Palu, Selasa, terlihat satu alat berat dikerahkan membersihkan puing-uing sisa kebakaran.

Puing-puing sisa kebakaran yang dibersihkan kebanyakan bahan bangunan seperti besi dan seng.

Khusus untuk bahan bangunan dari kayu, seluruhnya hangus dilalap api.

Pembersihan lokasi pasar dilakukan pemerintah kota bersama-sama dengan masyarakat yang semuanya adalah pedagang korban kebakaran pasar.

Terlihat pula ada beberapa pedagang mulai membangun kembali lapak tempat berdagang di kawasan tersebut.

Kepala Bidang Pasar Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Palu, Imran membenarkan, puing-puing sisa kebakaran di lokasi pasar yang terbakar pada Selasa (8/8) 2017 sedang dibersihkan untuk ditata kembali.

"Sudah beberapa hari ini dilakukan pembersihan pasar," kata Imran.

Dalam musibah kebakaran yang terjadi pada malam hari tersebut sesuai hasil pendataan Dinas Perindustrian dan Perdagangan tercacat ada 177 pedagang yang kehilangan matapencaharian.

Imran mengatakan, jumlah pedagang yang kehilangan dagangan dan lapak sesuai KTP yang berhasil dikumpulkan.

Sementara jumlah lapak yang hangus terbakar sekitar 300 petak.

Dalam musibah itu, kata dia, tidak menimbulkan korban jiwa. Kecuali kerugian mencapai miliaran rupiah.

Masalah penyebab kebakaran hingga kini belum diketahui karena masih dalam penyelidikan pihak berwenang.

Aktivitas jual-beli di pusat perbelanjaan itu tetap berjalan normal pasca keakaran. Pasar Tradisional Masomba Palu tetap ramai. (skd)