Warga Palu Semangat Rayakan HUT Kemerdekaan RI

id HUT RI

Ratusan warga dan mahasiswa membentangkan bendera Merah Putih sepanjang 72 meter di Pegunugan Matantimali Desa Wayu, Marawola Barat, Sigi, Sulawesi Tengah, Kamis (17/8). Pembentangan bendera oleh Komunitas Sadar Kamtibmas Patroli Kota Palu (PKP) itu dimaksudkan untuk menanamkan nilai-nilai nasionali

Seperti yang terlihat di halaman depan pusat perbelanjaan Mall Ramayana Tatura. Pihak pengelolah mall menyelenggarakan kegiatan panjat pohon pinang dengan menyediakan berbagai hadiah menarik.
Palu (antarasulteng.com) - Warga Kota Palu, dalam beberapa hari terakhir tampak semangat menyambut dan merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-72 yang jatuh pada setiap 17 Agustus.

Dalam rangka memeriahkan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI itu, berbagai kegiatan sosial dan juga olahraga dilaksanakan warga di Ibu Kota Provinsi Sulteng itu.

Tujuan utama dari tradisi tersebut antara lain untuk lebih mempererat rasa persatuan dan kesatuan di antara sesama anak bangsa Indonesia.

Juga demi menanamkan rasa kecintaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang selama ini telah membesarkan rakyatnya, kata Zuklifi salah seorang panitia pertandingan olahraga dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-72 di Kelurahan Tatura Selatan.

Ia mengatakan kegiatan tersebut setiap tahunnya dilaksanakan warga di kelurahan itu dan warga sangat antusias berpartisipasi dalam semua jenis perlombaan yang dilaksanakan.

Jenis-jenis perlombaan seperti lari karung, tarik tambang, bola kaki dangdut, panjang pohon pinang dan lari kelereng. Semuanya olahraga tradisional yang perlu terus dilestarikan sebagai suatu kekayaan budaya bangsa Indonesia.

Kegiatan sama juga dilakukan dibanyak tempat sampai di sudut-sudut kota Palu. Hampir di setiap permukiman penduduk ada kegiatan olahraga untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI.

Seperti yang terlihat di halaman depan pusat perbelanjaan Mall Ramayana Tatura. Pihak pengelolah mall menyelenggarakan kegiatan panjat pohon pinang dengan menyediakan berbagai hadiah menarik.

Kegiatan itu mendapat perhatian cukup besar, terlihat banyaknya warga yang menyaksikan maupun ikut berburu hadiah yang digantung diatas pohon pinang.

Matindas J Rumambi, salah seorang anggota DPRD Provinsi Sulteng, kegiatan-kegiatan seperti itu harus tetap dipertahankan karena hal itu akan menumbuhkan rasa cinta tanah air dalam hati masyarakat.

HUT Kemerdekaan RI ke-72, menurut dia, cukup ramai dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Ini menggambarkan bahwa masyarakat Indonesia, termasuk di Palu semakin mencintai terhadap NKRI.

Selamat bagi bangsa Indonesia yang telah mencapai usia ke-72 semoga semakin jaya, masyarakat juga semakin makmur dan lebih sejahtera. ***
Pewarta :
Editor: Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar