Program BI Mengajar Salurkan Bantuan Rp40 Juta

id BI, SMK, BI Sulteng

Program BI Mengajar Salurkan Bantuan Rp40 Juta

Kepala BI Sulteng, Miyono (kiri) menyerahkan bantuan kepada Kepala SMKN 1 Banawa, Hamka (kanan). (www.antarasulteng.com/istimewa)

"Bantuan ini untuk digunakan dalam penyediaan air bersih, dalam bentuk pengeboran sumur dan pemasangan saluran pipa,"
Palu (antarasulteng.com) - Program Bank Indonesia (BI) mengajar yang diinisiasi Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Tengah menyalurkan bantuan sebesar Rp40 juta kepada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Banawa di Kabupaten Donggala.

"Bantuan ini untuk digunakan dalam penyediaan air bersih, dalam bentuk pengeboran sumur dan pemasangan saluran pipa," kata Kepala BI Sulteng, Miyono dalam siaran persnya, Rabu.

Dalam program itu, kepala BI Sulteng menjadi narasumber langsung, diikuti sekitar 400 peserta, terdiri dari guru dan siswa di aula SMKN 1 Banawa, Selasa (22/8).

Program pendidikan itu kata Miyono, merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan dalam upaya untuk memberikan pemahaman tentang peran Bank Indonesia dalam mengawal perekonomian nasional dan regional.

Menurut Miyono, Bank Indonesia memandang bahwa kegiatan edukasi merupakan momentum yang tepat, untuk menjelaskan tugas Bank Indonesia di bidang moneter, stabilitas sistem keuangan dan sistem pembayaran.

Miyono juga mengajak agar seluruh guru dan siswa, mulai membiasakan diri untuk bertransaksi secara non tunai, baik dengan kartu debit, kartu kredit dan kartu elektronik (e-money).

Sementara itu, Kepala SMKN 1 Banawa, Hamka menyampaikan ucapan terimakasih atas bantuan Bank Indonesia dalam mendukung program pendidikan. Hamka menjelaskan kondisi sekolah yang dipimpinnya, saat ini memiliki keterbatasan dalam memenuhi kebutuhan air bersih.

Pasokan air bersih dari pompa saluran air yang dimiliki sekolah, hanya mengalir di siang hari dan berhenti di sore hari. Padahal kata dia, sekolah saat ini sudah menerapkan full day school. Sehingga bantuan tersebut akan sangat bermanfaat dalam mendukung proses belajar mengajar guru dan siswa di SMKN 1 Banawa.

Program BI Mengajar merupakan bagian dari peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Proklamasi Republik Indonesia. ***