Dua wakil Indonesia ke final Kejuaraan Dunia

id bulutangkis

Dua wakil Indonesia ke final Kejuaraan Dunia

Arsip: Pebulu tangkis ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad (kiri) dan Liliyana Natsir berusaha mengembalikan kok ke ganda campuran Indonesia lainnya Hafiz Faizal dan Shela Devi Aulia pada babak putaran kedua BCA Indonesia Open 2017 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (16/6/2017). ( ANTARA

Jakarta (antarasulteng.com) - Dua wakil Indonesia tersisa yakni Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (ganda campuran) dan Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro (ganda putra) sukses melangkah ke final Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2017 di Glasgow, Skotlandia.

Berdasarkan laman resmi Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) yang dipantau di Jakarta, Sabtu, kepastian tersebut didapatkan setelah dua pasangan Indonesia di dua nomor berbeda tersebut memperoleh hasil positif di putaran semifinal.

Tontowi/Liliyana yang merupakan unggulan tiga nomor ganda campuran, berhasil menumbangkan duet Hong Kong Chun Hei Reginald Lee/Hoi Wah Chau dalam pertarungan dua gim langsung selama 34 menit yang berkesudahan 21-16, 21-13.

Dengan hasil ini, pasangan tersebut membuka peluang untuk mengulang sukses di Guangzhou, China pada tahun 2013 lalu di mana kala itu mereka berhasil menjadi juara dunia.

"Kami ingin juara dunia lagi, tadi di lapangan, kami ingin usaha yang terbaik. Kami tidak berpikir soal menang atau kalah, yang penting keluarkan kemampuan terbaik," ujar Tontowi dalam keterangannya selepas laga.

Sementara itu, pasangan Ahsan/Rian berhasil melangkahkan kakinya menuju putaran final Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2017 dengan kembali membuat kejutan.

Kali ini, pasangan Indonesia tersebut menaklukkan pasangan unggulan empat asal Jepang Takeshi Kamura/Keigo Sonoda dalam pertarungan dua gim bertempo 37 menit yang berkesudahan 21-12, 21-15.

Sejak awal gim pertama mereka memang terlihat tampil impresif dan mendominasi jalannya pertandingan hingga mengunci kemenangan di gim pembuka.

Terpacu akibat kehilangan gim pertama, Kamura/Sonoda mencoba memperbaiki performa minor mereka pada gim kedua dengan menorehkan dua angka beruntun di awal laga.

Kendati berhasil mengumpulkan poin demi poin, tetapi performa Kamura/Sonoda mengendur dan selepas jeda interval kendati sempat mengontrol permainan, mereka tidak bisa membendung serangan Ahsan/Rian yang akhirnya kembali mendominasi serta memantapkan tiket menuju final.

Pada partai final yang akan digelar Minggu (27/8) Tontowi/Liliyana akan menghadapi pemenang pertarungan Zheng Siwei/Chen Qingchen asal China yang ditantang duet Inggris Chris Adcock/Gabrielle Adcock.

Sementara Ahsan/Rian akan menghadapi pemenang antara Chai Biao/Hong Wei dan Liu Cheng/Zhang/Nan yang sama-sama berasal dari China. (skd)