Palu Bangun 46 Unit Pondok Lokasi PPN

id nomoni

Palu Bangun 46 Unit Pondok Lokasi PPN

Palu Nomoni 2017 (palunomoni.com)

Palu,  (antarasulteng.com) - Pemerintah Kota Palu sedang gencar membangun sebanyak 46 unit `soki-soki` atau pondok di lokasi tempat pelaksanaan Festival Pesona Palu Namoni (FPPN) yang dijadwalkan berlangsung bersama dengan Pekan Budaya Indonesia III di Teluk Palu, 22-28 September 2017.

Sekretaris Dinas Periwisata dan Ekonomi Kreatif Pemkot Palu, Arsid Nurdina, Senin menjelaskan semua bangunan soki-soki itu dikerjakan oleh masing-masing kelurahan di Ibu Kota Provinsi Sulteng.

Di Kota Palu, kata dia, ada sebanyak 46 kelurahan yang tersebar di delapan kecamatan yakni Palu Utara, Palu Timur, Palu Barat, Palu Selatan, Taweli, Mantikulore, Tatanga dan Ulujadi.

Semua kebutuhan dana untuk pembangunan pondok tersebut ditanggung sendiri oleh tiap kelurahan. Namun untuk model dan bahan baku pembangunan pondok, semuanya diharuskan menggunakan bahan baku bambu untuk rangkanya dan atapnya menggunakan daun pohon sagu.

Sementara tali pengikat bangunan menggunakan rotan yang ada di kabupaten tetangga Kota Palu seperti Sigi dan Donggala.

Semua bahan bangunan yang dibutuhkan menggunakan bahan baku yang ada daerah ini.

"Memang bangunannya tradisional," kata Arsid.

Wali Kota Palu Hidayat dan Wakil Wali Kota Sigit Purnomo Said telah mendesain kegiatan FPPN dan Pekan Budaya Indonesia (PBI) bernuansa tradisional.

Tujuan utama kegiatan tersebut yakni mengangkat dan menghidupkan kembali budaya lokal yang merupakan harta kekayaan yang diwariskan para nenek moyang.

Kedua kegiatan ini, kata dia, untuk mendukung dan mewujudkan program Pemkot Palu menjadi kota jasa dan destinasi budaya yang ditargetkan tercapai pada 2019. (skd)