1,5 juta dari total 2 juta calon haji sudah berada di Saudi

id haji

1,5 juta dari total 2 juta calon haji sudah berada di Saudi

Haji (antaranews)

Jeddah (antarasulteng.com) -- Arab Saudi mencatat  sudah 1,497 juta calon haji datang secara bergelombang dalam persiapan ibadah haji tahun ini, yang akan dimulai 30 Agustus lusa.

Toral dua juta orang dari seluruh dunia sudah di Mekah untuk menunaikan rukun Islam yang kelima, tulis PRNewswire-AsiaNet.

Tanggung jawab mengatur ibadah haji ada pada pemerintah Arab Saudi di bawah pengawasan langsung Penjaga Dua Masjid Suci, Raja Salman bin Abdulaziz dan Putra Mahkota Mohammad bin Salman, Musim haji berakhir pada 4 September 2017.

Jemaah haji dari berbagai negara terus berdatangan untuk Haji 2017 dan jumlahnya terus bertambah dari tahun ke tahun, dari hanya 24.000 pada 1941 menjadi 1,325 juta pada 2016. Termasuk jemaah haji Saudi, 1,86 juta orang beribadah haji tahun lalu.

Pejabat Saudi telah melakukan persiapan untuk menerima kedatangan jemaah dalam jumlah besar. Tim haji yang ditugaskan di lapangan juga dibekali dengan kemampuan berbicara dalam lebih dari selusin bahasa untuk memastikan kebutuhan jemaah terpenuhi.

Sementara itu di Mina, puluhan ribu tenda ber-AC sebagai akomodasi sementara untuk sebagian besar Jemaah haji telah dipersiapkan untuk puncak ibadah haji tahun ini. Mina terletak di antara Arafah dan Masjidil Haram. 

Tenda-tenda ini disusun rapi dalam barisan dan dikelompokkan ke dalam area yang diberi tanda angka dan warna sesuai dengan kewarganegaraan. 

Jemaah diberi lencana dengan nomor dan warna yang ditetapkan untuk membantu mereka menemukan jalan kembali ke tenda jika tersesat. Untuk mencegah kebakaran, tenda-tenda itu dibangun dari fiberglass berlapis Teflon, dan dilengkapi dengan alat penyemprot air dan alat pemadam kebakaran.

Lebih dari 17.000 personil Pertahanan Sipil ditugaskan untuk melayani jemaah haji. Mereka sangat terlatih dan didukung oleh 3.000 kendaraan canggih yang  berada dalam posisi siaga untuk menjamin tingkat keselamatan  jemaah. Selain itu bersiap pula 300 mobil ambulan, 30 sepeda motor, 113 pusat ambulans dan 8 ambulan udara.

Lebih dari 2.000 personil Otoritas Bulan Sabit Merah Saudi ditempatkan di Mekah, Madinah dan tempat-tempat suci lain untuk memberikan layanan ambulans kepada jemaah selama ibadah haji.(skd)