Bulog Sulteng Baru Beli 35 Ton Gabah

id bulog

Bulog Sulteng Baru Beli 35 Ton Gabah

Kebid Pengadaan dan OPP Bulog Sulteng, Bahar Haruna (Foto Anas Masa)

Palu,  (antarasulteng.com) - Pengadaan gabah oleh Bulog di Provinsi Sulawesi Tengah hingga medio Agustus 2017 baru berhasil membeli 35 ton.

Kepala Bulog melalui Kabid Pengadaan dan OPP Bulog Sulteng Bahar Haruna, di Palu, Rabu, menyebutkan hasil pengadaan gabah sebanyak itu berasal dari Divre Bulog Palu 17 ton, Sub-Divre Bulog Poso 6,2 ton, Luwuk 8,21 ton, dan Tolitoli 4,4 ton.

Bulog Sulteng, kata dia, pada 2017 ini menargetkan pengadaan gabah di provinsi tersebut sebanyak 66,394 ton.

Menurut dia, pengadaan gabah memang masih relatif kecil di Sulteng karena petani selama ini belum terbiasa menjual hasil panen dalam bentuk gabah.

Tidak sama seperti di daerah lain, justru petani lebih suka menjual gabah ketimbang beras. Seperti para petani di Pulau Jawa, mereka lebih memilih menjual gabah dari pada beras.

Menurut dia, di Sulteng sebaliknya, petani lebih memilih menjual beras dari pada gabah, karena petani di Sulteng kurang tertarik menjual gabah.

Karena itu Bulog Sulteng dalam menetapkan target pembelian tidak besar seperti pada musim panen 2017 ini hanya memproyeksikan pembelian gabah 66,394 ton.

Target pengadaan beras jauh lebih besar, untuk Januari-Desember 2017 ini ditetapkan pengadaan beras di Sulteng sekitar 42.160 ton.

Bulog Sulteng, kata Bahar lagi, cukup optimistis target yang ditetapkan itu bisa terealisasi 100 persen. (skd)