PLN: Suplai Listrik Untuk Kebutuhan Rumah Tangga Cukup

id pln

Ilustrasi (antaranews)

Palu,  (antarasulteng.com) - PT Perusahaan Listrik Negara Cabang Palu menjamin suplai listrik untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga di wilayah sistem kelistrian Palu, Donggala, Parigi dan Sigi (Palapas) mencukupi.

Namun untuk kebutuhan industri besar, kata Managar PLN Area Palu, Emir Muhaimin, tentu masih perlu penyediaan listrik dan jumlah yang besar pula.

"Kalau untuk kebutuhan sekarang ini, daya yang tersedia yang didistribusikan dari PLTD, PLTA dan PLTU masih mampu mengimbangi kebutuhan industri," kata dia di Kota Palu, Kamis.

Tetapi untuk beberapa tahun ke depan, ujarnya, perlu ditingkatkan, mengingat semakin banyak industri yang akan tumbuh di Provinsi Sulteng.

Khusus sistem kelistrikan Palu, kata dia, masih ada cadangan daya yang cukup memadai.

Tetapi, jika terjadi gangguan besar terhadap salah satu dari pembangkit yang ada di Sulteng, maka dipastikan terjadi defisit dan tidak ada solusi lain, kecuali dilakukannya pemadaman bergilir, seperti yang sebelumnya pernah terjadi ketika salah satu tower jaringan listrik tegangan tinggi dari PLTA Sulewana Poso menuju Gardu Induk PLTA di Sidera, Kabupaten Sigi, roboh karena diterjang banjir bandang.

Menurut dia, jika hanya terjadi gangguan kecil, biasanya cepat teratasi sehingga tidak perlu pemadaman bergilir.

PLN Area Palu juga akan memprioritaskan pembangunan listrik perdesaan, mengingat di Sulteng masih banyak desa belum dijangkau listrik PLN.

Desa-desa yang belum berlistrik, antara lain banyak tersebar di Kabupaten Sigi dan Donggala.

Namun sudah menjadi komitmen PLN dan pemerintah untuk menerangi semua desa yang ada di wilayah Sulteng dalam beberapa tahun ke depan ini. (skd) 
Pewarta :
Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar