BPJS-TK siapkan Piala Paritrana untuk kepala daerah

id BPJS, TK

BPJS-TK siapkan Piala Paritrana untuk kepala daerah

Gubernur Sulteng Drs H Longki Djanggola, mendengarkan penjelasan Kacab BPJS-TK Palu Muhyiddin Dj (kedua kiri) saat berudiensi di ruang kerja gubernur di Palu, Selasa (29/8). (Antarasulteng.com/Suci-Humas BPJS TK Palu)

Muhyiddin: Program BPJS-TK dapat mengurangi beban pemerintah daerah terhadap risiko sosial dan ekonomi masyarakat.
Palu (Antarasulteng.com) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS-TK) pada Ulang Tahunnya yang ke-40 pada 4 Desember 2017, akan memberikan Piala Paritrana atau BPJS-TK Award kepada para kepala daerah yang dinilai memberikan dukungan signifikan dalam menopang program-program perlindungan sosial lewat BPJS-TK.

Hal itu merupakan salah satu butir laporan Kepala BPJS-TK Cabang Palu Muhyiddin saat beraudiensi dengan Gubernur Sulawesi Tengah Drs H Longki Djanggola di ruang kerja gubernur di Palu, Selasa (29/8).

Hal yang sama juga dilaporkan saat beraudiensi dengan Wali Kota Palu  Hidayat.

Siaran pers BPJS-TK Palu yang diterima Kamis menyebutkan, audiensi Kacab BPJS-TK Palu itu merupakan agenda koordinasi dengan para kepala daerah yang sekaligus mendiskusikan potret pelaksanaan program jaminan sosial di daerah ini.

Pimpinan BPJS-TK Palu juga melaporkan kegiatan yang dilaksanakan oleh pihak BPJS-TK yang melibatkan unsur pemerintah daerah, pengusaha dan pekerja yakni penganugerahan Piala Paritrana atau BPJS-TK Award.

Penghargaanyang ini diberikan kepada kepala daerah provinsi, kabupaten dan kota yang telah mendukung pelaksanaan program jaminan sosial. Award ini juga diberikan kepada pelaku usaha besar, menengah, dan kecil-mikro yang menjadi peserta BPJS-TK dengan kriteria penilaian tertentu.

Penghargaan tersebut akan diserahkan Presiden bertepatan dengan HUT ke-40 BPJS Ketenagakerjaan pada 04 Desember 2017. 

Ada beberapa kategori penghargaan yaitu kategori pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, perusahaan besar-menengah dan kategori usaha kecil-mikro.

Untuk mendukung terlaksananya kegiatan ini, akan dibentuk Tim BPJS-TK Award yang akan melakukan penilaian terhadap setiap ketegori penghargaan di tingkat provinsi yang nantinya diusulkan untuk mengikuti kompetisi di skala nasional. 

Khusus di Sulteng, tim tersebut akan diketuai oleh Hidayat Lamakkarate selaku Sekretaris Provinsi Sulteng.

Kepada gubernur, Muhyiddin juga melaporkan kegiatan pembinaan 'Desa Sadar Jaminan Sosial' yang akan difokuskan ke Kecamatan Gumbasa, Kabupaten Sigi. 

"Program Desa Sadar Jaminan Sosial ini sangat didukung bapak gubernur," ujar Indhy, panggilan akrab Muhyiddin.

Indhy mengatakan bahwa BPJS Ketenagakerjaan akan terus bersinergi dengan pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota dalam hal peningkatan kepesertaan dan kualitas layanan yang diberikan BPJS-TK di Provinsi Sulawesi Tengah, 

"Penting untuk dipahami bahwa program BPJS Ketenagakerjaan ini juga berfungsi sebagai instrumen peningkatan kesejahteraan masyarakat pekerja, dengan membangun hubungan industrial yang kondusif antara pengusaha dan pekerja sekaligus dapat mengurangi beban pemerintah daerah terhadap risiko sosial dan resiko ekonomi masyarakat," ujar Muhyiddin yang bertugas di Palu sejak 1 Juli 2017 itu. 

Karena itu, ia mengharapkan dukungan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota agar pelaksanaan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi seluruh pekerja dapat terwujud.(Suci/BPJS-TK Palu)