BI Sulteng Imbau Masyarakat Pergunakan Pihps

id bank

BI Sulteng Imbau Masyarakat Pergunakan Pihps

Bank Indonesia (antaranews)

Palu,  (antarasulteng.com) - Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) Miyono mengimbau kepada seluruh masyarakat, dapat mempergunakan aplikasi pusat informasi harga pangan strategis (PIHPS) yang telah disediakan di ponsel pintar atau smartphone.

"Dibentuknya PIHPS di antaranya mendukung tugas BI dalam menjaga stabilitas nilai rupiah, menyediakan informasi harga terkini yang kredibel, sebagai dasar perumusan kebijakan stabilisasi harga di pusat dan daerah," kata dia di Palu, Selasa.

Miyono menambahkan PIHPS dapat diunduh di "play store" untuk smartphone android.

Dalam penyempurnaan konsep Pengembangan PIHPS kata Miyono, basis data, sistem informasi dan cakupan data terintegrasi dalam satu sistem. Untuk basis data diyakini lebih akurat, karena berdasarkan metodologi survey yang standar dengan frekuensi data harian.

Kemudian metodologi survey mengacu pada survey pemantauan harga oleh Bank Indonesia. Selain itu data dikelola langsung oleh Bank Indonesia.

Lebih lanjut kata Miyono, sistem informasi yang digunakan merupakan sentralisasi sistem informasi dalam pengelolaan PIHPS yang dikelola oleh Bank Indonesia. Kemudian diseminasi satu pintu melalui website dan aplikasi mobile yang dikelola oleh BI dapat diunduh secara gratis oleh publik.

"Data tersedia untuk 514 kabupaten dan kota di Indonesia," ungkap Miyono.

Miyono menyatakan kedepannya, PIHPS nasional akan menjadi databased harga pangan di seluruh daerah, yang dikelola penuh oleh Bank Indonesia, untuk dimanfaatkan oleh seluruh TPID.

Untuk informasi yang didapatkan dalam aplikasi itu antara lain, data harga komoditi per pasar per kota. Data rata-rata harga komoditi per pasar, harga komoditi per kota, harga komoditi per provinsi dan harga komoditi nasional. Kemudian perubahan harga komoditi harian, mingguan, bulanan dan tahunan.

Untuk TPID Sulteng sendiri, telah memiliki sistem informasi harga pangan strategis daerah Sulawesi Tengah yang diberi mana "Sigade". (skd)