Ansor Diharap Bantu Percepatan Pembangunan Sigi

id irwan

Ansor Diharap Bantu Percepatan Pembangunan Sigi

Bupati Sigi Mohamad Irwan Lapata (ist)

Saya sangat berharap Gerakan Pemuda Ansor dapat membantu dan bekerja sama dengan Pemkab Sigi untuk percepatan pembangunan
Sigi,  (antarasulteng.com) - Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta berharap Gerakan Pemuda Ansor Sulawesi Tengah dapat bekerja sama dengan pemerintah Kabupaten Sigi untuk percepatan pembangunan daerah tersebut.

"Saya sangat berharap Gerakan Pemuda Ansor dapat membantu dan bekerja sama dengan Pemkab Sigi untuk percepatan pembangunan," ungkap Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta, Selasa (5/9) malam.

Pernyataan itu disampaikan Irwan Lapatta saat menyampaikan sambutan pada pembukaan Pelatihan Kader Dasar (PKD) GP Ansor di komplek pondok pesantren Madinatul Ilmi Dolo.

Bupati menginginkan Ansor sebagai bagian dari pemuda dan organisasi Islam di bawah naungan Nahdlatul Ulama membantu pembangunan yang diselenggarakan oleh Pemkab Sigi di daerah tersebut.

Ia menyebut bahwa Ansor dapat terlibat dan membantu pemerintah dalam lima misi pemerintah daerah di antaranya percepatan pelayanan dasar, berupa pembangunan infastruktur dasar, pelayanan serta pendidikan dasar.

"Ada lima misi yang saat ini sedang menjadi fokus yaitu percepatan pelayanan dasar di dalamnya antara lain pembangunan infastruktur, pelayanan dan pendidikan dasar," katanya.

Pembangunan infastruktur dimaksudkan untuk memperlancar akses transportasi dan ekonomi untuk peningkatan ekonomi daerah.

"Membangun jalan dimana saja atau di semua wilayah yang ada di kabupaten ini, tujuannya yaitu untuk membuka ruang-ruang ekonomi baru," sebutnya.

Ketua PW GP Ansor Sulteng Alamsyah Palenga mengemukakan Ansor siap membantu Pemkab Sigi dengan memaksimalkan penguatan pemuda dalam agrobisnis.

"Kami telah melakukan pemetaan, serta telah menyusun rencana untuk penguatan kader dan masyarakat disektor agrobisnis di Kabupaten Sigi," sebutnya.

Jangan berseberangan


Ketua NU Sulteng Abdullah Latopada pada kesempatan yang sama mengingatkan bahwa Gerakan Pemuda Ansor dan Himpunan Pemuda Alkhairaat (HPA) tidak boleh bersebrangan apalagi bermusuhan.

"Dua organisasi Islam ini sama. Sama fahamnya dan ideologinya. Keduanya telah tuntas atau final mengenai ideologi pancasila," kata Abdullah Latopada yang juga Kakanwil Kemenag Sulteng itu.

Ia menegaskan bahwa Ansor dan Himpunan Pemuda Alkhairaat merupakan dua organisasi Islam yang memiliki faham dan ideologi yang sama. Ansor merupakan salah satu organisasi di bawah naungan Nahdlatul Ulama, sementara HPA merupakan organisasi di bawah naungan Alkhairaat.

Alkhairaat dan Nahdlatul Ulama hampir tidak memiliki perbedaan faham dan ideologi dari sisi organisasi. Keduanya lebih banyak mengandung kemiripan atau kesamaan.

"Ya, hampir sama faham atau ideologi organisasinya. Alkhairaat mendukung dan berjuang untuk kemerdekaan Indonesia," sebutnya. (skd)