Kapolres Poso Diganti

id kapolres poso, kapolda

Kapolda Sulteng Brigjen Pol Drs Dewa Parsana, MSi (ANTARA FOTO/Basri Marzuki)

Pergantian Kapolres Poso ini tidak ada kaitannya dengan teror bom dan penembakan warga yang terjadi dalam beberapa pekan ini," kata Kapolda Sulawesi Tengah Brigjen Pol Dewa Parsana
Palu - Kapolres Poso, Sulawesi Tengah, AKBP Pulung Rohmadianto, segera melepaskan jabatan yang didudukinya selama setahun lebih dan akan digantikan oleh AKBP Eko Santoso yang saat ini menjabat Kapolres Banggai Kepulauan.

Keterangan yang diperoleh dari Polda Sulteng di Palu, Kamis menyebutkan bahwa serah terima jabatan dijadwalkan akan dilaksanakan di Mapolda pada Sabtu (13/10) bersama dua kapolres lainnya yang juga mengalami mutasi dan rotasi.

"Pergantian Kapolres Poso ini tidak ada kaitannya dengan teror bom dan penembakan warga yang terjadi dalam beberapa pekan ini," kata Kapolda Sulawesi Tengah Brigjen Pol Dewa Parsana yang dihubungi secara terpisah.

Menurut dia, mutasi Kapolres Poso semata-mata untuk kepentingan organisasi, pengembangan karir perwira bersangkutan serta penyegaran di tubuh Polda Sulteng.

Kapolda berharap, dengan pergantian pimpinan di Polres Poso dan beberapa polres lainnya, kinerja kepolisisian sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, penegakkan hukum dan garda terdepan dalam pemberantasan kejahatan akan semakin meningkat.

Wilayah Poso, kata Kapolda, dewasa ini memang membutuhkan perhatian khusus berhubung dengan beberapa gangguan keamanan akhir-akhir ini, begitu pula di Morowali yang sedang memasuki tahapan pilkada.

"Kami berharap masyarakat Poso dan Morowali tidak terpancing melakukan tindakan-tindakan destruktif menanggapi kasus ledakan bom dan penembakan misterius yang terjadi akhir-akhir ini. Beri kepecayaan kepada polisi untuk menanganinya dan masyarakat diminta mendukung polisi dengan meningkatkan kewaspadaan dan memberi informasi sedini mungkin bila ada hal-hal yang mencurigakan," ujarnya.

Sementara itu, berdasarkan Surat keputusan Kapolri Nomor KEP-603/10/2012 tanggal 9 Oktober 2012, tiga Kapolres mengalami mutasi dan rotasi yakni Kapolres Poso AKBP Pulung Rohmadianto menjadi Inspektur Bidang Operasional di Itwasda Polda Sulteng.

AKBP Pulung diganti oleh AKBP Eko Santoso yang kini menjabat Kaplres Banggai Kepulauan, sementara jabatan Kapolres Banggai Kepulauan akan diisi oleh AKBP Suliono yang saat ini menjabat Kasubdit IV Direktorat Iintelkam Polda Sulteng.

Kapolres Donggala AKBP Dicky Aryanto dimutasi menjadi Wakil Direktur Reskrim Umum Ditreskrim Polda Sulteng, sementara jabatan yang ditinggalkannya akan diisi AKBP M. Sururi yang saat ini menjabat Kabag Pembinaan Operasional Direktorat Sabhara Polda Sulteng.

Editor: Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar