Telkom rampungkan jaringan kabel laut lintas benua

id telkom

Telkom (Antarasulteng.com/Telkom)

Makassar (antarasulteng.com) - PT Telekomunikasi (Telkom) Tbk telah merampungkan pekerjaan mega proyek sistem komunikasi kabel laut lintas benua yang menyambungkan antara wilayah Asia Tenggara ke Amerika Serikat.

Executif Vice President (EVP) Telkom Regional VII KTI Aris Dwi Tjahjanto di Makassar, Sabtu, mengatakan proses penyambungan kabel optik lintas benua itu berhasil dirampungkan sejak Agustus 2017.

"Untuk sambungan kabel Telkom ke Amerika Serikat kita sudah rampungkan sejak Agustus 2017. Ini tentunya hasil dari kerja keras dan komitmen kami untuk memberikan layanan terbaik pada pelanggan setia," katanya.

Ia menjelaskan perampungan kabel laut ke Amerika itu sekaligus mengikuti sambungan ke kawasan lain seperti Eropa dan kawasan Timur Tengah.

Menurut dia, dengan adanya kabel laut ini maka akses komunikasi ke Amerika akan semakin cepat, dan hal ini juga menjawab tantangan para pelanggan yang selalu ingin mendapatkan layanan terbaik.

"Ibarat jalan, maka kita sudah punya tol sendiri atau tidak perlu lagi menggunakan jalan milik orang lain. Dengan adanya optik ini, kecepatan komunikasi akan semakin tinggi dan begitu cepat," jelasnya.

Selain itu, kata dia, dengan keberadaan kabel laut menuju Amerika ini maka tentu akan menjadi daya tarik bagi pihak lain untuk membangun pemancar di titik atau terminal yang dilewati.

Sementara khusus untuk Kawasan Timur Indonesia yang menjadi wilayah kerjanya, dirinya yang baru bertugas beberapa bulan di Makassar itu mengaku juga sudah siap dan telah digunakan saat ini.

Hasilnya, kecepatan internet di Maluku dan Papua sekarang ini tidak berbeda dengan Makassar.

"Jadi dengan adanya kabel optik ini maka kecepatan internet di Makassar dan Papua sudah sama. Ini tentunya semakin disambut gembira para pelanggan kita," ujarnya.(skd)
Pewarta :
Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar