Rayakan Takbiran Idul Adha Dengan Pesta Obor

id obor, idul adha, pesta

Rayakan Takbiran Idul Adha Dengan Pesta Obor

ilustrasi (ANTARA/Arif Firmansyah)

Perayaan malam Idul Adha 1433 H kembali akan kita gelar pesta obor bersama ratusan warga dan pejabat pemerintahan," kata Sekretaris Kabupaten Majene, Syamsiar Muchtar Mahmud
Majene, Sulbar - Pemkab Majene, Sulawesi Barat, kembali akan merayakan malam Takbiran Idul Adha 1433 H dengan pesta obor, seluruh warga dan pejabat pemkab berbabur berjalan kaki mengelilingi kawasan kota dengan membawa obor.

"Perayaan malam Idul Adha 1433 H kembali akan kita gelar pesta obor bersama ratusan warga dan pejabat pemerintahan. Pesta obor ini sebelumnya dilakukan pada malam takbiran Idul Fitri," kata Sekretaris Kabupaten Majene, Syamsiar Muchtar Mahmud, Kamis.

Dia mengatakan, kegiatan tersebut akan dipimpin Bupati dan diikuti berapa pejabat, seperti Wakil Bupati, Sekkab Majene, Asisten, Muspida, Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), serta seluruh Camat.

Malam takbiran ini juga akan diselenggarakan dengan beberapa perayaan lainnya untuk semakin memeriahkan malam Idul Adha itu.

"Perayaan ini juga akan diikuti oleh kendaraan hias yang melibatkan sejumlah panitia masjid di Majene, selain kita menyelenggarakannya dengan berjalan kaki membawa obor berkeliling kota," jelasnya.

Syamsiar meminta kepada sejumlah SKPD tanggungjawab melaksanakan kegiatan tersebut untuk mengemas kegiatan itu sehingga bisa memberikan makna berlebaran sekaligus bisa menghibur seluruh warga yang merayakannya.

Kegiatan ini dianggap berbeda dari tempat lain yang biasanya hanya menggunakan kendaraan untuk berkeliling kota dan diramaikan oleh ratusan motor. Bahkan tidak jarang terjadi kecelakaan akibat beberapa peserta takbiran menggunakan motor dengan cara ugal-ugalan.

"Selain itu, kita mencoba mengangkat budaya maupun kebiasaan orang tua kita yang merayakannya dengan cara sederhana namun tetap memiliki makna dan menghibur warga denga menggunakan obor," tandas Sekkab.
(KR-AHN/SKD)