Gubernur Sulteng Serahkan Alsintan Kepada Kelompok Tani

id Longki, Petani, Sigi

Gubernur Longki Djanggola di tengah-tengah kelompok tani usai menyerahkan bantuan alsintan di Sigi, Jumat. Bantuan dari Bank Indonesia tersebut diberikan kepada 14 kelompok tani dari Kabupaten Sigi, Donggala dan Parigi Moutong (Humaspemprov)

"Karena secara nasional kinerja kita pada bidang pertanian salah satunya dinilai dari NTP,"
Palu (antarasulteng.com) - Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) berupa 11 unit traktor tangan, tiga unit kultinator dan empat pompa air kepada 14 kelompok tani di Kabupaten Sigi, Donggala Dan Parigi Moutong, di Sigi, Jumat.

Bantuan tersebut berasal dari Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi Tengah yang dikucurkan melalui program sosial BI 2017.

Gubernur Longki Djanggola sangat mengapresiasi dan memberikan penghargaan yang tinggi kepada jajaran BI Perwakilan Sulawesi Tengah karena telah ikut berkontribusi dalam meningkatkan produksi dan produktivitas pertanian tanaman pangan di daerah itu.

Gubernur berharap melalui berbagai kebijakan yang telah ditempuh pemerintah daerah dan berbagai pihak terhadap sektor pertanian dapat meningkatkan nilai tukar petani di daerah tersebut di atas 100 persen.

"Karena secara nasional kinerja kita pada bidang pertanian salah satunya dinilai dari NTP," kata Longki.

Menurut Longki alsintan tersebut sangat dibutuhkan petani guna meningkatkan prodiktivitas hasil pertanian.

Karenanya Longki berharap bantuan BI ke depan dapat menjangkau daerah-daerah pertanian lainnya di Sulawesi Tengah.

Longki mengatakan perhatian di sektor pertanian terus ditingkatkan agar terjadi keseimbangan pertumbuhan ekonomi yang selama ini terbesar disumbang dari sektor pertambangan.

Sementara itu Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sulawesi Tengah Trie Iriani Lamakampali mengatakan kelompok tani penerima bantuan kali ini sangat beruntung karena bantuan yang diterima dapat dimiliki dan dimanfaatkan seterusnya.

Sementara bantuan alsintan yang bersumber dari APBN tidak dapat dimiliki langsung petani atau kelompok tani tetapi hanya dapat dipinjam pakai .

Demikian juga bantuan alsintan dari APBD yang diberikan provinsi sifatnya hanya berupa sewa.

Prosesi penyerahan alsintan tersebut Gubernur didampingi Kepala Perwakilan BI Sulteng Mulioto, Bupati dan Wakil Bupati Sigi Irwan Lapatta/Paulina, Ketua DPRD Sigi Rizal Intjenai, Kadis Tanaman Pangan dan Holtikultura Sulawesi Tengah Trie Iriani. ***

Editor: Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar