Gubernur Longki Djanggola pimpin upacara Harhubnas di Palu

id Dishub

Gubernur Longki Djanggola pimpin upacara Harhubnas di Palu

Gubernur Sulteng Drs H Longki Djanggola (kanan) dan Kadishub Sulteng Abduk Haris Renggah saat memasuki lapangan upacara Harhubnas di Kantor Gubernur Sulteng, Senin (18/9) (Antarasulteng.com/Dishub Sulteng)

Menhub: berikan layanan transportasi yang prima kepada masyarakat
Palu (Antarasulteng.com) - Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola, menjadi inspektur upacara puncak peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) tingkat provinsi yang dirangkaikan dengan upacara gabungan lintas organisasi pemerintah daerah (OPD) di halaman Pogombo, Kantor Gubernur Sulteng, Senin.

Harhubnas kali ini mengusung thema 'Melalui peringatan Hari Perhubungan Nasional Tahun 2017, kita tingkatkan soliditas, sinergisitas dan kerja bersama dalam mewujudkan transportasi yang handal, berdaya saing dan memberikan nilai tambah'.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam sambutan tertulis yang dibacakan Gubernur Longki Djanggola menegaskan pembangunan sektor transportasi harus mampu menjamin konektivitas dan aksesibilitas ke seluruh wilayah di Indonesia, terutama dalam melancarkan distribusi logistik nasional.

Hal tersebut sejalan dengan semangat Nawacita yang memberi prioritas pada program pengembangan infrastruktur dan konektivitas maritim.

"Dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas hingga Pulau Rote," tutur Menhub.

Kementerian perhubungan, katanya, telah melakukan sejumlah deregulasi berkaitan dengan paket kebijakan ekonomi XV sektor logistik guna mendorong iklim investasi.

Di antaranya adalah pencabutan persyaratan kepemilikan modal di bidang pengusahaan angkutan laut, keagenan kapal, perusahaan bongkar muat dan badan usaha pelabuhan, pemindahan barang yang melewati batas waktu penumpukan (long stay) di Pelabuhan Belawan, Tanjung Priok, Tanjung Perak, Makasar, penyelenggaraan dan pengusahaan jasa pengurusan transportasi dan pengamanan kargo, pos serta rantai pasok (supply chain) kargo dan pos yang diangkut dengan pesawat udara.

Menhub mengimbau jajaran perhubungan menjadikan Harhubnas ini sebagai wahana meningkatkan soliditas, sinergitas dan semangat kerja bersama untuk membangun sektor transportasi yang berkeadilan dan bisa mengakselerasi roda perekonomian nasional.

"Semoga kita semua dapat memberikan layanan transportasi yang prima kepada seluruh masyarakat Indonesia," kata Menhub lagi.

Kadis Perhubungan Sulteng Abd. Haris Renggah mengemukakan bahwa pihaknya bersama mitra kerja perhubungan di daerah ini telah mengadakan berbagai kegiatan olahraga dan bhakti sosial seperti jalan santai dan donor darah dalam memeriahkan Harhubnas 2017.