Ketua MPR: Tidak usah ributkan bantuan Rohingya

id zulkifli

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan (antaranews)

Saya minta kita jangan ribut. Kita harus bersatu, kompak. Seluruh rakyat Indonesia, kita dukung Pak Jokowi-JK agar bisa konsolidasi ke ASEAN...
Surabaya (antarasulteng.com) - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan meminta seluruh pihak mendukung Pemerintah Indonesia dalam mengirimkan bantuan kepada etnis Rohingya di Myanmar, tanpa perlu meributkannya.

"Saya minta kita jangan ribut. Kita harus bersatu, kompak. Seluruh rakyat Indonesia, kita dukung Pak Jokowi-JK agar bisa konsolidasi ke ASEAN, bahkan dunia untuk bergerak cepat menghentikan kejahatan terhadap kemanusiaan di Myanmar. Jadi, kita jangan ribut sendiri," katanya, di sela-sela sosialisasi empat pilar di Universitas Muhammadiyah Sidoardjo, Jawa Timur, Selasa.

Zulkifli mengemukakan hal itu menanggapi adanya pernyataan bahwa bantuan Pemerintah Indonesia untuk Rohingya diberikan dalam rangka pencitraan.

Semua rakyat Indonesia, menurut dia, semestinya bersama-sama mendukung pemerintah agar cepat mengambil langkah dan tindakan konkret yang bisa dilakukan untuk segera menghentikan kejahatan kemanusiaan itu.

Dia menekankan langkah pemerintah sejauh ini menugasi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang berkomunikasi dengan Pemerintah Myanmar dalam mengatasi etnis Rohingya patut diapresiasi.

Saat ini, dinilainya, Pemerintah Indonesia tinggal mengintensifkan upaya diplomasi membantu etnis Rohingya dengan mengajak negara-negara perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan dunia untuk bersama-sama membantu mengakhiri kejahatan kemanusiaan di Myanmar.

"Pengungsi di Bangladesh sudah hampir 300.000, bagaimana agar mereka bisa kembali, bagaimana rumah dan tempat tinggal mereka dibantu. Kita jangan ribut, harus sama-sama mendukung pemerintah biar sukses," demikian Zulkifli Hasan. (skd)
Pewarta :
Editor: Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar