Petani Sigi Panen Buah Tomat

id tomat

Petani Sigi Panen Buah Tomat

Ilustrasi-Seorang petani memanen Tomat di Desa Susukan, Sumbang, Banyumas, Jateng. (FOTO ANTARA/Idhad Zakaria)

Sigi, Sulteng,  (antarasulteng.com) - Sejumlah petani di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah saat ini melalukan panen buah tomat di saat harga komoditi itu di pasaran sedang membaik.

"Panen kali ini cukup bagus. Begitu juga harga buah tomat di pasaran terbilang menggembirakan," kata Subhan, seorang petani di Desa Jonoge, Kecamatan Biromaru, Kabupaten Sigi, Rabu.

Ia mengatakan hasil panen petani pada musim panen kali ini lebih bagus dibandingkan sebelumnya.

Buah tomat sekarang ini kualitasnya meningkat jika dibandingkan panen sebelumnya. "Buahnya besar-besar dan ini sangat menguntungkan petani," kata dia.

Hal senada juga disampaikan Sulastri, seorang petani asal Desa Sidera, Kecamatan Biromaru. Ia juga mengaku hasil panen buah tomat di wilayah tersebut menggembirakan.

Ditambah lagi, harga buah tomat di pasaran dalam beberapa pekan terakhir ini terus membaik sehingga panen kali ini benar-benar menguntungkan para petani.

Buah tomat petani Sigi, kata dia, selain dijual ke pasar-pasar tradisional di Kota Palu, Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tengah, juga sebagian dipasarkan para pedagang ke Kaltim.

Bukan hanya buah tomat, tetapi komoditi hortikultura lainnya, termasuk berbagai jenis buah-buahan dan sayur-mayur juga dipasarkan ke provinsi tetangga Sulteng itu.

Petani di Kabupaten Sigi selama ini tidak mengalami kesulitan memasarkan hasil-hasil pertanian dan perkebunan karena pangsa pasar tidak hanya di Pali, tetapi juga ke sejumlah daerah termasuk ke Gorontalo dan Manado.

Kabupaten Sigi merupakan salah satu sentra pengembangan tanaman hortikultura di Provinsi Sulteng bersama dengan Dataran Napu di Kabupaten Poso.

Harga buah tomat di pasaran saat ini berkisar Rp8.000/kg. Sebelumnya hanya berkisar Rp4.000/kg. Bahkan harga tomat pernah naik hingga mencapai Rp16.000/kg saat produksi petani menurun akibat dampat cuaca ekstem. (skd)