Masyarakat Kota Civitavecchia sambut hangat KRI Bima Suci

id kapal, bima, suci

Masyarakat Kota Civitavecchia sambut hangat KRI Bima Suci

Pengunjung memasuki KRI Bima Suci saat 'open ship KRI Bima Suci' di Pelabuhan Civitavecchia, Italia, Jumat (29/9/2017). Kegiatan open ship tersebut untuk memperkenalkan KRI Bima Suci kepada masyarakat Italia. (ANTARA/Zabur Karuru)

Civitavecchia, Italia (antarasulteng.com) - Warga Italia yang berada di kota Civitavecchia, kota pelabuhan di laut Tirrhenia, 80 km bagian barat Roma serta wisatawan mancanegara yang  kebetulan berada di kota pelabuhan itu, antusias menyambut kehadiran kapal layar KRI Bima Suci yang mengadakan acara open ship selama tiga hari sejak Jumat hingga Minggu malam.

Selain mengadakan acara open ship, awak kapal baru penganti KRI Dewa Ruci yang dibuat di galangan kapal Freire Shipyard itu melakukan kirab di taman dekat pantai Civitavecchia disaksikan Gubernur AAL, Atase Pertahanan KBRI Roma, Komandan KRI, Palaksa, dan Palaklat serta perwira lainnya.

Warga kota Civitavecchia berpenduduk 50.891 jiwa dan memiliki luas wilayah 71 km dengan antusias menyaksikan kirab yang berlangsung  dari jam 10.00 pagi hingga 11.30 waktu setempat, sampai selasai menuju KRI Bima Suci yang dilengkapi bendera Merah Putih berukuran besar di buritan kapalnya.

Seorang warga Italia yang menyaksikan langsung kecangihan KRI Bima Suci mengakui kapal tersebut sangat indah dan menyampaikan penghargaan karena mendapat kesempatan untuk melihat langsung kecangihan kapal latih milik Indonesia.

Ia mengatakan, Bima suci adalah kapal yang bagus. "Merupakan pengalaman yang bagus tentang orang yang menunjukkan budaya mereka dengan cara yang baik," ujar Emanuele Sotgiu kepada Antara London, Minggu.

Kirab berlangsung di taman di dekat pantai itu berlangsung sampai selesai menuju KRI Bima Suci yang pada Minggu melanjutkan perjalanan nya ke Port Said, Mesir.

Wakil komandan KRI Bima Suci M Sati Lubis kepada Antara London mengatakan pada kegiatan Kirab Kota juga digelar pertunjukan kebudayaan dan penampilan music dari Genderang Suling Gita Jala Taruna yang dibawakan para taruna dan tarunawati.

Ia mengatakan, parade Roll 93 Taruna Akademi Angkatan Laut Angkatan ke 64 berhasil memukau penonton tidak saja masyarakat Italia dan wisatawan mancanegara yang berada di kota wisata itu. 

Komandan M Sati Lubis pun mengajak para pengunjung berkeliling kapal menyaksikan kecangihan kapal latih yang baru saja melakukan perjalanan panjang dari Vigo Spanyol tempat kapal dibuat. 
.
Jurike Woworuntu, warga Indonesia yang lama menetap Italia datang dari Roma dengan kereta api bersama rekan-rekan mengatakan bahwa ia merasa bangga mendapat kesempatan melihat kapal KRI Bima Suci di Italia. 

Sementara itu Komandan KRI Bima Suci Letkol Laut (P) Widyatmoko Baruno Aji mengatakan acara open ship bertujuan untuk memperkenalkan kepada masyarakat Italia atau pun wisatawan mengenai KRI Bima Suci.

Sedangkan Atase Pertahanan Indonesia untuk Itali, Kolonel Laut (P) Bambang Dharmawan yang bersama keluarga dan beberapa staf KBRI menyambut kedatangan KRI Bima Suci di Itali itu mengaku bangga karena kapal ini akan menjadi duta bangsa yang akan membawa harum nama Indonesia ke seluruh dunia.

KRI Bima Suci yang masuk dalam jajaran elit kapal layar ukuran besar dunia, dan menjadi warga terbaru. selanjutnya akam melaksanakan pelayaran ke Port Said, Mesir. KRI Bima Suci karya galangan kapal Freire Vigo, ada di kelas Bark dengan ukuran panjang di kisaran 110 meter, tiga tiang, dengan 36 bilah layar ukuran besar, yang bisa dikembangkan secara mekanis ataupun manual.(skd)