Bulog Beli Beras Petani Banggai 6.566 Ton

id bulog

Bulog Beli Beras Petani Banggai 6.566 Ton

Beras bulog (FOTO ANTARA/Eric Ireng)

Palu,  (antarasulteng.com) - Bulog Sulawesi Tengah dalam kurun waktu sembilan bulan terakhir ini telah membeli beras petani di Kabupaten Banggai sebanyak 6.588 ton.

Kepala Bidang Pengadaan dan OPP Perum Bulog Sulteng Bahar Haruna di Palu, Senin, mengatakan pada musim panen (MP) 2017 ini, pihaknya menargetkan membeli beras di daerah itu sebanyak 10.970 ton untuk memenuhi kebutuhan beras stok nasional.

Dengan demikian, kata dia, realisasi pengadaan beras di Banggai sudah diatas 60 persen.

Menurut dia, masih ada waktu tiga bulan lagi untuk memenuhi target pengadaan tersebut.

"Saya cukup optimistis target pengadaan beras di Kabupaten Banggai bisa terpenuhi 100 persen. Bahkan kemungkinan besar melebihi dari itu," kata Bahar.

Kabupaten Banggai selama ini merupakan penghasil beras terbesar di Sulteng setelah Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) sebagai lumbung utama komoditi pangan di Provinsi Sulteng.

Di Sulteng, katanya ada enam daerah penghasil beras yakni Kabupaten Parimo, Kabupaten Banggai, Kabupaten Poso, Kabupaten Donggala, Kabupaten Sigi dan Kabupaten Tolitoli.

Bulog dalam memenuhi target pengadaan, gencar melakukan pembelian meski petani harus bersaing ketat dengan para pedagang.

Di Sulteng saat ini banyak pedagang dari luar seperti Manado dan Gorontalo yang juga membeli beras petani untuk dibawa ke daerah mereka.

Karena itu, Bulog mengerahkan seluruh kemampuan dan kekuatan yang ada, termasuk menjalin kemitraan dengan swasta membeli produksi petani sesuai dengan standar harga pembelian yang ditetapkan pemerintah pusat.

Secara keseluruhan, Bulog Sulteng pada 2017 ini manargetkan pembelian beras petani di provinsi itu sebanyak 42.160 ton. (skd)