Gubernur Harap Alumni IAIN Palu Bina Masyarakat

id longki

Gubernur Harap Alumni IAIN Palu Bina Masyarakat

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu me-wisuda 475 wisudawan dan wisudawati, Selasa 10 Oktober 2017. (Muhammad Hajiji/antarasulteng.com)

Saat ini kita berada pada era globalisasi, era kemajuan teknologi komunikasi dan informasi yang diperhadapkan banyak tantangan. Karena itu dibutuhkan pelibatan banyak pihak termasuk alumni IAIN
Palu,  (antarasulteng.com) - Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola berharap alumni Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu berperan membantu pemerintah membina masyarakat di daerah itu.

"Saat ini kita berada pada era globalisasi, era kemajuan teknologi komunikasi dan informasi yang diperhadapkan banyak tantangan. Karena itu dibutuhkan pelibatan banyak pihak termasuk alumni IAIN," kata Longki diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Hidayat Lamakarate, pada wisuda IV IAIN Palu, di Palu, Selasa.

Proses wisuda yang berlangsung di Aula IAIN Palu itu diikuti 475 wisudawan dan wisudawati sarja strata satu dan strata dua.

Gubernur mengatakan kehadiran ratusan sarjana IAIN di tengah masyarakat tersebut sangat penting untuk menyeimbangi tantangan era globalisasi.

Gubernur mengatakan peran pendidikan dan pembinaan menjadi terpenting dalam mengimbangi dampak era globalisasi yang dirasakan saat ini.

Pendidikan dan strategi pembinaan yang berlandaskan pada nilai-nilai religi, etika dan moral menjadi terpenting dalam membina masyarakat untuk tidak terjerumus pada hal-hal negatif di era globalisasi.

"Perguruan tinggi yang memainkan peran pendidikan sangat berperan penting dalam membina masyarakat untuk tidak terjerumus pada hal negatif di era globalisasi," ujarnya.

Gubernur Longki Djanggola juga mengakui bahwa IAIN Palu telah memberikan peran strategis dalam pembangunan manusia lewat peran pendidikannya.

IAIN, sebut dia, juga telah mencetak sumber daya manusia yang telah berkiprah di birokrasi, politisi, profesi, guru dan sebagainya.

"Alumni IAIN Palu telah mengabdi sebagai birokrasi, anggota DPRD, penyelenggara dan pengawas pemilu, guru, dan sebagainya yang ada di masyarakat," sebutnya.

Lebih lanjut dia mengatakan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah turut serta membantu pengembangan pendidikan Islam, termasuk IAIN Palu.

Wisuda kali menelorkan empat peserta sebagai wisudawan dan wisudawati terbaik berasal dari strata satu dan strata dua.

Mereka adalah Usman Jayadi MH, Jurusan Hukum Keluarga Strata Dua Pascasarjana dengan indeks prestasi 3.84. Kemudian Nikmatul Khairiyah S.Ag. Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah dengan IPK 3.99.

Selanjutnya Yelfikayanti S.Pd. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan IPK 3,99. Mir`atun S.E Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Ekonomi Islam IPK 3.96. (skd)