Sulteng Gelar Lomba Cipta Menu Lokal

id kuliner, hari pangan

Sekertaris Provinsi Sulawesi Tengah, Hidayat Lamakarate (kiri) sedang mencicipi salah satu menu dalam lomba cipta menu lokal. (www.sulteng.antaranews.com/Humas Pemprov)

Palu,  (sulteng.antaranews.com) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah melaksanakan lomba cipta menu lokal tingkat provinsi yang digelar dalam rangka Hari Pangan se-Dunia yang berlangsung di Palu, 11 s/d 14 Oktober 2017.

Lomba cipta menu dari komoditas pertanian, perkebunan, perikanan dan peternakan itu diikuti 13 peserta dari kelompok PKK seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Sulawesi Tengah.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Sulawesi Tengah, Abdullah Kawulusan di sela-sela peringatan Hari Pangan se-Dunia di Palu, Selasa, mengatakan peserta terbaik akan mewakili Sulawesi Tengah ke lomba cipta menu tingkat nasional.

"Peserta yang menang dalam lomba ini, dipastikan mewakili Sulteng pada lomba cipta menu lokal tingkat nasional," kata dia.

Pada 2016, pemenang lomba yang sama diraih Kabupaten Sigi.

Dia mengatakan tujuan kegiatan tersebut untuk mempromosikan menu-menu tradisional dari komoditas lokal yang ada di Provinsi Sulawesi Tengah.

Selanjutnya kegiatan itu juga menghasilkan kreasi pangan lokal daerah yang maju, mandiri dan berdaya saing.

Berbagai jenis menu yang diperlombakan dalam kegiatan tersebut antara lain sup jagung, nasi pisang, jus terong, sambal goreng jantung pisang.

Selanjutnya, sayur bening daun kelor, sayur bening jantung pisang, sup bakso jantung pisang dan nasi jagung.

Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Hidayat Lamakarte di sela-sela kunjungannya ke lokasi pameran pangan dan juga cipta menu lokal memberikan apresiasi kepada para peserta lomba.

"Kegiatan ini sangat penting dan kami berharap siapapun nanti yang memang dalam lomba cipta menu ini bisa mewakili Sulawesi Tengah ke tingkat nasional dan mengukir prestasi," harap Hidayat. (skd)
Pewarta :
Editor: Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar