Gubernur: TDCC Siap Dilaksanakan Sesuai Jadwal

id tdcc

Gubernur: TDCC Siap Dilaksanakan Sesuai Jadwal

RAPAT PEMANTAPAN TDCC Suasana rapat pemantapan pelaksanaan kegiatan internasional balap sepeda "Tour de Central Celebes" di kantor gubernur, Selasa. Rapat ini dipimpin langsung Gubernur Longki Djanggola, dihadiri para bupati/wakil bupati yang dilalui peserta dari mancanegara 6-8 November 2017.(Foto:

Palu,  (antarasulteng.com) - Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola mengatakan pemerintah daerah setempat siap melaksanakan sepeda wisata internasional yang dikemas dalam Tour de Central Celebes (TDCC) pada 6 s/d 8 November 2017.

"Setelah mendengarkan semua laporan dari bupati/wakil bupati yang daerahnya masuk dalam rute TDCC, maka kesimpulannya TDCC siap digelar sesuai jadwal," katanya di Palu, Minggu.

Longki mengatakan pemerintah daerah selaku tuan rumah pelaksana kegiatan bertaraf internasional itu sudah melakukan evaluasi akhir tentang seluruh kesiapan acara.

Dirinya langsung memimpin rapat evaluasi yang digelar Sabtu (14/10).

Rapat akhir tersebut dihadiri para bupati dari daerah yang dilalui peserta TDCC yakni Bupati Tojo Unauna, Wali Kota Palu, Bupati Poso, Wakil Bupati Parigi Moutong dan Wakil Bupati Sigi.

Rapat yang berlangsung di Kantor Gubernur tersebut membahas fasilitas lomba berupa akomodasi, transportasi, keamanan dan kesiapan penanganan kesehatan peserta lomba.

Longki mengatakan TDCC diikuti oleh 15 kontingen dari 30 negara.

"Satu kontingen terdiri atas beberapa negara. Harapan kita pelaksanaan TDCC ini berdampak terhadap pelaksanaan pembangunan di Sulawesi Tengah yang kita cintai ini," katanya.

Longki mengatakan seluruh agenda lomba mengikuti peraturan internasional salah satunya harus star tepat pukul 10.00 Wita dari Kabupaten Tojo Unauna, selanjutnya Kabupaten Poso, Kabupaten Parigi Moutong, Kota Palu dan Sigi.

"Sehingga seluruh acara harus menyesuaikan," katanya.

Terkait antisipasi keamanan, kata Longki, aparat kepolisian sudah siap mengamankan jalannya pelaksanaan tour sepeda bertaraf internasional tersebut.

Bahkan, kata Longki, Kapolda Sulawesi Tengah Brigjen Pol Rudy Sufahriadi akan memerintahkan Pasukan Tinombala yang saat ini bertugas di Poso ikut serta berpartisipasi mengamankan pelaksanaan TDCC.

Gubernur juga meminta kepada bupati dan wali kota Palu agar sedini mungkin melakukan sosialisasi tentang pelaksanaan TDCC agar masyarakat khususnya di daerah yang menjadi jalur TDCC tidak melakukan penutupan jalan untuk acara sosial.

"Supaya masyarakat tidak kaget, makanya kita perlu sosialisasi secara dini," katanya.

Dirinya juga berharap masyarakat Sulawesi Tengah ikut berpartisipasi menyukseskan TDCC. (skd)