Pemkot Palu Siap Laksanakan TDCC

id hidayat

Wali Kota Palu Drs Hidayat, MSi (palukota.go.id)

Saya minta rute-rute yang sudah ditetapkan ini betul-betul steril tidak ada aktivitas lain di sana, ini untuk keselamatan para pebalap
Palu,  (antarasulteng.com) - Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah, menyatalan diri siap melaksanakan sejumlah kegiatan dalam menyambut para peserta lomba sepeda wisata Tour de CentraL Celebes (TDCC) 2017 sebagai etape terakhir dalam kegiatan internasinal ini.

Wali Kota Palu Hidayat di Palu, Selasa mengatakan, pemerintah kota telah mempersiapkan penyambutan para peserta TDCC dan tamu-tamu lainnya.

Kota Palu yang menjadi garis finish pada event wisata bersepeda ini akan menata sedemikian rupa acara penyambutannya pada gala dinner yang rencananya dilaksanakan pada (8/11) mendatang.

"Kami sudah merancang item-item kegiatan dalam penyambutan para pebalap dan tamu-tamu. Acara ramah tama nanti kami pusatkan di Soki-soki bekas kampung kaili yang digunakan pada Festival Pesona Palu Nomoni (FPPN) yang baru beberapa waktu lalu digelar, kata Hidayat.

Ia memaparkan untuk mempermantap kesiapan rute yang akan dilalui para pebalap, Hidayat memerintahkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP), Dinas Perhubungan dan Polres Palu agar secepatnya berkoordninasi dengan panitia pelaksana untuk mempermudah rekayasa lalulintas.

Meski event ini manjadi gawean pemerintah Provinsi Sulteng, namun keterlibatan Pemkot Palu dan sejumlah Kabutapen yang menjadi rute TDCC merupakan hal penting.

TDCC akan digelar pada 6-8 November yang diikuti 15 kontingen dari sekitar 30 negara.

Terkait penanganan medis, Hidayat memerintahkan Dinas Kesehatan agar segera berkoordinasi dengan Pemrov Sulteng sebagai pelaksana untuk menempatkan sekitar 24 unit kendaraan ambulance sekaligus titik posko kesehatan.

Sementara camat dan lurah beserta Satgas K5 diminta agar menghimbau warganya masing-masing mengandangkan hewan ternaknya sehingga rute-rute yang dilalui para pebalap steril baik dari kendaraan maupun aktivitas lainnya demi keselamatan mereka.

"Saya minta rute-rute yang sudah ditetapkan ini betul-betul steril tidak ada aktivitas lain di sana, ini untuk keselamatan para pebalap," tegasnya.

Selain itu, lanjut Wali Kota, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) agar membentuk tim penghubung untuk mendampingi serta menyediakan akomodasi bagi para peserta TDCC.

Event TDCC akan melewati tiga kabupaten dan satu kota, dimana star dilaksanakan di Kabupaten Tojo Unauna, dan para peserta akan dimobilisasi menggunakan transportasi udara dari Palu ke garis star di Ampana. (skd) 
Pewarta :
Editor: Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar