Pembukaan Rute Penerbangan Garuda Masih Dikaji

id dishub,garuda

 Pembukaan Rute Penerbangan Garuda Masih Dikaji

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tengah Abdul Haris Renggah.(Antarasulteng.com/istimewa)

Apalagi, kata dia, Kota Palu sebagai pintu masuk lewat jalur udara bagi para wisatawan
Palu,(antarasulteng.com) - Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tengah, Abdul Haris Renggah mengatakan rencana pembukaan rute penerbangan Garuda Indonesia Airline (GIA) dari Palu-Makasar-Gorontalo-Manado hingga kini masih dalam pengkajian oleh maskapai itu.

"Pada prinsipnya, kami menyambut dan mendorong secepatnya rute penerbangan garuda yang menghubungan beberapa kota di Pulau Sulawesi itu segera terealisasi," katanya Kepada Antara di sela-sela Rapat Koordinasi Teknis Perhubungan se-Sulteng berlangsung di Palu, Rabu.

Mantan pejabat bupati Morowali Utara itu mengatakan pemerintah daerah telah memberikan ruang dan rekomendasi kepada pihak perusahaan penerbangan nasional menyangkut rencana pembukaan rute dimaksud.

Sekarang ini, kata dia, tinggal tergantung dari maskapai tersebut.

Memang tidak semudah membalikan telapak tangan, karena perlu pengkajian termasuk perhitungan yang matang.

Menurut dia, yang terpenting di sini, Pemprov Sulteng telah mengeluarkan surat rekomendasi kepada maskapai untuk melakukan survei.

Sementara ini, kata Haris, pihak Garuda sedang mengadakan survei dan kami sangat berharap bisa terwujug secepatnya karena akan menguntungkan bagi Provinsi Sulteng selaku pintu masuk para wisatawan dari nusantara dan mancanegara.

Ia menambahkan ada beberapa indikator yang akan menjadi perhitungan pihak perusahaan penerbangan nasional itu.

Haris enggan menyampaikan indikator dimaksud, tetapi berharap besar jalur penerbangan Palu-Makassar-Gorontalo-Manado bisa segera dihubungkan.

Karena itu, Gubernur Sulteng, kata Haris terus mendorong rencana pembukaan rute penerbangan oleh maskapai Garuda Indonesia.

Jika rencana ini terealisasi, tentu juga berdampak positif terhadap pertumbuhan sektor periwisata yang ada di wilayah Sulteng.

Apalagi, kata dia, Kota Palu sebagai pintu masuk lewat jalur udara bagi para wisatawan.

Serktor Pariwisata merupakan salah satu sektor unggulan Sulteng yang diharapkan setiap tahunnya jumlah kunjungan wisatawan baik nusantara maupun mancanegara meningkat.

Karena itu, perhubungan merupakan sektor yang mendapat perhatian besar pemerintah pusat dan daerah guna menggerakan sektor lainnya, termasuk pariwisata. (BK03)