BPJS TK Sulteng segera sosialisasikan CARE Contact Center

id BPJS, Palu

BPJS TK Sulteng segera sosialisasikan CARE Contact Center

Dirut BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto (ketiga kiri) menekan tombol tanda eluncuran CARE Contact Center di Jakarta, Rabu (18/10) (Antarasulteng.com/BPJS TK)

Muhyiddin: CARE Contact Center merupakan wujud kepedulian tinggi BPJS Ketenagakerjana untuk melayani masyarakat.
Palu (Antarasulteng.com) - BPJS Ketenagakerjaan Cabang Palu, Sulawesi Tengah, segera menyosialisasikan program layanan terbaru yang disebut CARE Contact Center yang diluncurkan di Jakarta, Rabu (18/10).

"Kami masih sedang mempersiapkan kegiatan sosialisasinya. Ini penting untuk segera diketahui masyarakat karena CARE Contact Center merupakan upaya kami meningkatkan kualitas layanan kepada publik," kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Palu Muhyiddin, Jumat.

Lewat CARE (cepat, andal, responsif, efisien) Contact Center ini, peserta BPJS Ketenagakerjaan dan masyarakat umum bisa menghubungi nomor telepon tertentu tanpa biaya sambungan, untuk mendapatkan informasi apapun yang dibutuhkan masyarakat terkait BPJS Ketenagakerjaan.

Di ujung nomor telepon1500910  itu, kata Indhy, panggilan akrab Muhyiddin, penelepon akan dilayani oleh petugas-petugas yang kompeten mengenai informasi apa saja sekitar program BPJS Ketenagakerjaan.
 
Layanan pelanggan, kata Indhy, merupakan hal yang sangat vital dalam berinteraksi dengan masyarakat, baik pelanggan existing, calon pelanggan, maupun masyarakat pada umumnya. 

BPJS Ketenagakerjaan sebagai penyelenggara jaminan sosial ketenagakerjaan, merupakan badan hukum publik yang dikenal menjunjung tinggi aspek layanan. 

Untuk memberikan layanan terbaik kepada masyarakat pekerja, khususnya peserta, sejak tahun 2010, BPJS Ketenagakerjaan telah memiliki layanan Call Center melalui telepon, yang kemudian pada tahun 2015 berubah menjadi Contact Center 1500910.

Kini pada tahun 2017, jenis layanan yang diberikan melalui Contact Center semakin lengkap dan terintegrasi. 

Image result for BPJS KETENAGAKERJAAN

Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan M Krishna Syarif menjelaskan  peningkatan layanan contact center ini merupakan perwujudan dari visi BPJS Ketenagakerjaan, yaitu unggul dalam operasional dan pelayanan. 
Layanan Contact Center tersebut merupakan integrasi berbagai layanan seperti inbound call, outbound call, pengaduan via email, dan media sosial seperti Facebook dan Twitter. 

"Konsep yang diusung dalam layanan Contact Center terbaru dari BPJS Ketenagakerjaan adalah CARE, yaitu Cepat, Andal, Responsif, dan Efisien. 
Kami harapkan layanan ini akan memenuhi kebutuhan informasi dan memberikan pengalaman layanan terbaik bagi masyarakat pekerja, khususnya peserta dan meningkatkan 'engagement' mereka pada kami", ujar Krishna.

Jenis layanan yang dapat dilakukan oleh CARE Contact Center ini meliputi penyampaian informasi terkait 4 (empat) program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan dan berbagai manfaat tambahan; seperti pinjaman KPR bunga ringan, renovasi rumah, informasi mitra Rumah Sakit yang bekerjasama, hingga diskon di merchant-merchant kerja sama. 

Informasi ini tentunya dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat pekerja, khususnya peserta baik Penerima Upah, Bukan Penerima Upah, TKI, pengusaha UMKM maupun calon peserta.

Pendirian CARE Contact Center ini juga dilatarbelakangi oleh peningkatan signifikan jumlah telepon masuk yang rata-rata setiap tahunnya mencapai lebih dari 100 persen. 

"Kami menerapkan KPI (key performance indicator) yang tinggi dan SLA (service level agreement) yang terukur kepada pelaksana CARE Contact Center untuk memastikan layanan yang diberikan hanya layanan yang terbaik. Mulai dari layanan pengaduan, layanan informasi, hingga layanan permintaan seperti penggabungan saldo dan koreksi data Tenaga Kerja", papar Krishna.

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto pada peluncuran CARE Cintact Center itu berharap hadirnya Contact Center yang mengusung konsep CARE ini dapat menjadi kanal layanan andalan dengan penambahan fitur layanan dan peningkatan kinerja.

"Peningkatan layanan melalui CARE Contact Center ini merupakan bentuk nyata komitmen kami untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pekerja, khususnya peserta kami di seluruh Indonesia," kata Agus Susanto. (Humas BPJS TK Palu)