Marquez raih posisi pole di GP Australia

id marquez

Pebalap Repsol Honda Marc Marquez. (motogp.com)

Melbourne (antarasulteng.com) - Juara dunia Marc Marquez membawa Honda ke posisi pole untuk tahun keempat berturut-turut di GP Australia, Sabtu,  menjadi pukulan besar dalam perebutan gelar dengan saingan utamanya Andrea Dovizioso yang hanya menempati posisi ke-11 setelah sebelumnya mengalami kecelakaan. 

Pebalap Spanyol berusia 24 tahun, yang sedang mengejar gelar dunia MotoGP keempatnya, mengungguli pengendara Ducati Dovizioso dengan 11 poin dengan hanya tersisa 75 poin untuk diperebutkan pada tiga balapan terakhir musim ini. 

Marquez melaju pada lintasan sejauh 4.448 km di Phillip Island dalam waktu satu menit 28,386 detik pada lintasan kedua terakhirnya untuk menyingkirkan Maverick Vinales dari posisi teratas dalam daftar catatan waktu terbaik dan meraih posisi pole ke-44 sepanjang karirnya dalam MotoGP.

"Saya gembira dengan posisi ini, gembira lebih kurang dengan ritmenya dan sekarang kita menunggu apa yang akan terjadi dengan cuaca besok," kata Marquez.

Kondisi kering dan berangin kencang dihadapi para pengendara MotoGP, Sabtu, namun hujan diramalkan akan terjadi pada balapan Minggu.

Vinales, yang berada di urutan ketiga dalam perburuan gelar dengan selisih 41 poin di bawah Marquez, menjadi yang tercepat kedua dengan catatan waktu 1:28.719 dan akan berada di barisan depan bersama sesama pebalap Yamaha asal Prancis Johann Zarco (1:28.744).

Dovizioso, yang mengalahkan Marquez dalam balapan di Jepang yang basah pekan lalu, meluncur keluar lintasan pada belokan 10 pada latihan keempat, Sabtu. 

Pebalap Italia tersebut berjalan dari kecelakaan tersebut tanpa cedera namun ia tidak akan pernah mengancam para pebalap di barisan depan pada dua sesi kualifikasi dan akan berada pada barisan keempat di belakang juara tahun lalu, pebalap Inggris untuk Honda Cal Crutchlow.

Pebalap Australia Jack Miller, kembali beraksi dalam balapan hanya tiga minggu setelah kakinya patah, menjadi yang tercepat kelima dengan Honda-nya dan akan menempati barisan kedua dalam balapan di negaranya itu. 

Andrea Iannone akan memimpin barisan kedua bagi Suzuki dengan pebalap Spanyol Pol Espargaro yang berada di urutan keenam dengan KTM, sementara Valentino Rossi, Aleix Espargaro dan Bradley Smith akan menempati barisan ketiga, demikian Reuters. (skd)

Penerjemah: Fitri Supratiwi


Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar