Gubernur Akan Lepas Peserta TdCC Di Ampana

id longki

Gubernur Akan Lepas Peserta TdCC Di Ampana

Gubernur Sulteng Longki Djanggola .(Foto:Antarasulteng/Humasprov)

Palu,  (antarasulteng.com) - Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola menyatakan diri akan hadir sekaligus melepas para peserta lomba balap sepeda wisata internasional, bertajuk Tour de Central Celebes (TDCC) pada 6 November di Ampana, Kabupaten Tojo Unauna.

"Insya Allah, saya akan melepas langsung peserta TDCC," kata Gubernur Longki dihubungi dari Palu, Senin.

Lomba balap sepeda wisata yang berlangsung hingga 8 November 20107 itu akan menempuh jarak sepanjang 486,9 kilometer, dibagi dalam tiga etape mulai dari kota Ampana, Kabupaten Tojo Unauna sampai Kota Palu.

Para peserta yang diperkirakan berjumlah 120-an pebalap, dimana sebagian besar adalah pebalap dari 29 negara itu, akan menikmati penampilan seni, budaya dan kuliner tradisional masyarakat di Teluk Tomini.

"Ini merupakan lomba yang pertama kali digelar di Sulteng, akan melintasi empat kabupaten yakni Tojo Unauna, Poso, Parigi Moutong dan Sigi serta Kota Palu," ungkapnya.

Para pebalap akan star dari kota Ampana dan singgah di Tentena, tepian Danau Poso. Kemudian akan memulai etape II dari kota Poso ke Parigi. Selanjutnya dari Parigi menuju Kabupaten Sigi dan Kota Palu.

"Finish di Kota Palu, depan Kantor Gubernur Sulteng," imbuhnya.

Bagi gubernur, kegiatan itu untuk mempromosikan objek-objek wisata di Sulteng, sehingga ke depan, kunjungan wisatawan ke daerah ini semakin meningkat.

"Untuk para peserta beserta oficialnya, nanti akan dimobilisasi menggunakan transportasi udara ke Ampana oleh panitia," ungkapnya.

Terkait pengamanan rute dan lintasan, instansi terkait bersama pihak Kepolisian telah mempersiapkan sejumlah bentuk pengamanan jalur yang akan dilalui peserta TDCC.

"Kita harap semua berjalan aman dan lancar sesuai apa yang direncanakan," kata gubernur.

Sementara itu, Kepala Biro Humas Pemprov Sulteng Ridwan Mumu mengatakan Gubernur Sulteng Longki Djanggola akan memimpin langsung survey akhir seluruh lintasan yang akan dilewati para pebalap pada Senin (23/10) untuk mengetahui hal-hal apa dan di titik mana rute yang masih memerlukan penyempurnaan lintasan.

"TDCC yang digelar pertama kali atas ide Gubernur Longki Djanggola. Sehingga Pemda masing-masing kabupaten/kota, telah menyiapkan atraksi seni, budaya dan kuliner untuk dinikmati para peserta lomba yang sebagian besar adalah warga negara asing," ungkap Ridwan. (skd)