KPU Donggala Seleksi 202 Calon Anggota PPK

id kpu

Komisi Pemilihan Umum (antaranews.com)

Ketika hari ujian ditentukan, ada lima orang yang tidak hadir, sehingga tersisa 202 orang
Donggala,  (antarasulteng.com) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, melakukan seleksi tahap ujian tertulis yang diikuti 202 calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang akan bertugas pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018.

"Kami sudah melakukan ujian itu, Minggu (22/10) kemarin," kata Komisioner KPU Donggala, Ilyas Umala di Donggala, Senin.

Dia menjelaskan pada tahapan seleksi berkas administrasi terdapat 227 orang pendaftar. Namun 20 orang dinyatakan tidak memenuhi syarat administrasi untuk mengikuti tahapan dalam ujian tertulis.

"Ketika hari ujian ditentukan, ada lima orang yang tidak hadir, sehingga tersisa 202 orang," ungkap Ilyas.

PPK itu, kata Ilyas, akan bekerja pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Donggala pada Juni 2018. Selain Donggala, ada dua kabupaten lainnya di Sulteng yang juga menggelar pilkada yakni Kabupaten Parigi Moutong dan Morowali.

Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Seleksi Calon PPK KPU Donggala Nawir B Pagessa mengatakan penyebab gugurnya pendaftar itu karena fotokopi ijazah mereka tidak dilegalisir oleh sekolah atau instansi terkait.

Pelaksanaan ujian yang dilaksanakan sehari itu, kata Nawir, akan menentukan siapa saja pendaftar yang akan mengikuti tahapan selanjutnya, yakni ujian wawancara.

"Pengumuman hasil ujian tertulis pada Selasa, 24 Oktober 2017," ungkapnya

Dalam ujian wawancara, pendaftar akan dites sejumlah materi terkait pemahaman kepemiluan, tugas dan peran PPK, integritas hingga penguasaan aturan.

"Hasilnya, hanya ada lima anggota PPK yang akan bekerja di masing-masing kecamatan," ujarnya.

Ujian wawancara, kata Nawir, akan dilaksanakan dalam dua gelombang, yakni 24-25 Oktober 2017. Pengumuman calon anggota PPK yang dinyatakan lolos untuk setiap kecamatan, akan dilaksanakan tanggal 27 Oktober 2017 dan dilantik pada 29 Oktober 2017.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), Kabupaten Donggala memiliki 16 kecamatan di antaranya berbatasan dengan Kabupaten Tolitoli, Parigi Moutong, Sigi, Kota Palu, hingga Provinsi Sulawesi Barat. (skd) 
Pewarta :
Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar