47 Anggota Panwas Kecamatan Dilantik

id panwas

Keberadaan Panwascam akan bekerja di masing-masing kecamatan, dengan melakukan koordinasi hingga tingkatan desa, memiliki tanggungjawab yang cukup besar
Donggala,  (antarasulteng.com) - Sebanyak 47 orang anggota Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Donggala dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ktua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Donggala, di gedung Oasis, Kamis.

Panwascam yang dilantik merupakan tiga orang perwakilan dari seluruh 16 kecamatan se-Kabupaten Donggala.

Mereka akan bekerja dalam tahapan pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Donggala tahun 2018 dan tahapan Pemilihan Umum tahun 2019, yang sedang berlangsung saat ini.

Ketua Bawaslu Donggala Mohammad Fikri mengatakan usai dilantik, mereka yang terpilih akan mengikuti bimbingan teknis (Bintek) sebelum bekerja.

"Keberadaan Panwascam akan bekerja di masing-masing kecamatan, dengan melakukan koordinasi hingga tingkatan desa, memiliki tanggungjawab yang cukup besar," kata Fikri.

Ia berharap seluruh anggota Panwascam dapat bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsi serta tanggungjawab, berdasarkan aturan yang telah ada, terkait tugas-tugas Panwascam.

Paling pentin, kata dia, terkait integritas seorang anggota Panwascam, yang menentukan jalannya proses demokrasi Pilkada atau Pemilu nantinya.

Terkait dengan kurangnya satu anggota Panwas Kecamatan Pinembani, Fikri menyatakan akan dilakukan perekrutan kembali, untuk mencukupkan sebanyak tiga orang, seperti 15 kecamatan lainnya.

Selama tahapan proses perekrutan, cukup banyak laporan masyarakat serta tanggapan dan masukan terhadap kriteria calon anggota Panwascam.

Laporan itu di antaranya, sebagian pendaftar diduga bukan warga masyarakat dari kecamatan yang diwakilinya.

Selain itu, ada pula calon yang terkait dengan keanggotaan partai politik, ketidakjelasan dalam kepemilikan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) serta kartu keluarga.

Namun pada akhirnya kelompok kerja Bawaslu Donggala, berhasil menyelesaikan semua tahapan, dari 97 calon yang mengikuti tes wawancara, menjadi 47 orang yang telah sah dilantik sebagai anggota Panwascam. (skd) 
Pewarta :
Editor :
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar