Tontowi/Liliyana melaju ke final Prancis Terbuka 2017

id bulutangkis

Tontowi/Liliyana melaju ke final Prancis Terbuka 2017

Pemain ganda campuran Indonesia Tantowi Ahmad (kianan) dan Liliyana Natsir. (ANTARA/Maha Eka Swasta)

Jakarta (antarasulteng.com) - Pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir berhasil melaju ke putaran final turnamen bulutangkis Prancis Terbuka 2017 setelah menaklukkan duet China, Zhang Nan/Li Yinhui. 

Laman Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) yang dipantau di Jakarta, Sabtu, mencatat Tontowi/Liliyana memastikan itu setelah mampu menumbangkan duet China dalam pertarungan dua gim yang berkesudahan 21-18, 21-8.

Kemenangan ini sendiri menjadi yang kedua kalinya didapatkan oleh Tontowi/Liliyana atas Zhang/Li setelah sebelumnya di Denmark Terbuka 2017, pasangan Indonesia juga menang dengan dua gim langsung, 21-10, 21-16.

Dalam pertarungan semifinal Prancis Terbuka 2017 ini, meskipun sempat beberapa kali tertinggal di gim pertama, Tontowi/Liliyana pelan-pelan mengumpulkan kembali kekuatan mereka dan akhirnya menyusul bahkan mengambil alih kontrol permainan.

Berbekal momentum tersebut, di gim kedua, Tontowi/Liliyana semakin mendominasi dan sulit untuk ditembus oleh Zhang/Li. Pasangan Indonesia akhirnya berhasil unggul jauh hingga 16-8 dan sulit untuk dikejar kembali.

Pasangan ini terlihat benar-benar tampil tenang dan penuh percaya diri dalam menghadapi Zhang/Li yang menjadi kunci kemenangan pasangan Indonesia ini di Paris.

"Sebelumnya kami sudah dua kali menang dari Zhang/Li, kami sudah tahu permainan mereka. Jadi kami lebih percaya diri. Saya dan Owi juga lebih lama berpasangan dibanding lawan, rotasi kami sudah lebih padu," kata Liliyana dalam keterangannya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Tontowi yang menilai hasil positif yang mereka dapatkan juga tidak lepas dari durasi wakil Negeri Tirai Bambu menjadi pasangan. 

"Seperti cik Butet pernah bilang, sepertinya Zhang/Li ini chemistry-nya belum tune in. Sementara kami tadi mainnya enjoy sekali, kami sangat tenang di lapangan," ujar Tontowi.

Zhang/Li juga kerap kali membuat kesalahan sendiri yang disebut pasangan Indonesia karena belum menjadi pasangan dalam tempo yang terlalu lama. 

"Kami sering melihat ada miss komunikasi antaran Zhang dan Li, mungkin karena mereka masih belum terlalu lama berpasangan. Kami bisa memanfaatkan hal ini. Dengan bermain lebih tenang, kami bisa lebih jeli menempatkan shuttlecocok di tempat yang menjadi kelemahan mereka," tutur Liliyana. (skd)