Sulteng Datangkan 20 Ribu Liter Minyak Goreng

id minyak

Sulteng Datangkan 20 Ribu Liter Minyak Goreng

Ilustrasi (Fotoantara)

Palu,  (antarasulteng.com) - Bulog Sulawesi Tengah mendatangkan 20 ribu liter minyak gorang dari Surabaya, untuk mengamankan stok dan menjaga stabilisasi harga pangan di daerah itu.

"Diharapkan pekan ini juga salah satu kebutuhan pokok itu sudah tiba di Palu," kata Kepala Komersial Perum Bulog Sulteng, Djabirudin, Senin.

Ia mengatakan sebagian pasokan minyak goreng tersebut akan dialokasikan untuk mendukung kegiatan pasar murah dan operasi pasar yang akan dilaksanakan dalam rangka menghadapi Natal dan Tahun Baru.

Sebagian lagi akan disalurkan kepada rumah pangan kita (RPK) Bundes dan pedagang pengecer di pasar-pasar tradisional di Kota Palu.

Sementara Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulteng, Zainuddin Hak secara terpisah mengatakan menghadapi Natal dan Tahun Baru, Pemprov Sulteng akan melaksanakan pasar murah.

Kegiatan yang sama juga dilakukan Pemprov Sulteng pada hari-hari raya lainnya seperti Idul Adha, Idul Fitri, Nyepi dan Imlek.

Pelaksanaan pasar murah di Sulteng tidak hanya di ibu kota provinsi, tetapi semua kabupaten/kota di daerah itu dengan melibatkan distributor, subdistributor, UKM, IKM, BUMN, termasuk Bulog dan Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI), Pertamina/agen penjualan elpiji 3kg dan 5,5kg dan dinas terkait lainnya.

Zainuddin menjamin stok berbagai kebutuhan pokok masyarakat di seluruh kabupaten/kota di Sulteng aman, baik stok maupun harga sembako di pasaran hingga kini tersedia dalam jumlah memadai dengan harga terkendali. Khusus harga beras di tingkat pengecer masih dibawah HET yang ditetapkan pemerintah.

MIsalkan harga beras medium di pasaran berkisar Rp9.000/kg dan beras premium tertinggi Rp12.000/kg. HET beras medium ditetapkan pemerintah Rp9.450/kg dan beras premium Rp12.800/kg. ***3***



(T.BK03/B/R018/R018) 30-10-2017 12:20:56