Pemkab Parimo kaji penyebab rendahnya capaian IPM

id Parimo

Suasana seminar Bappelitbangda Parimo membahas rendahnya pencapaian IPM di Parigi, Selasa (31/10) (Antarasulteng.com/Aco-Humas Parimo)

Parimo bertekad terdepan dalam pencapaian IPM
Parigi (Antarasulteng.com) - Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, mengadakan seminar hasil kajian tentang rendahnya capian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Bidang Kesehatan di daeah itu.

Seminar ini digelar di Aula Bappelitbangda Parimo di Parigi, Selasa (31/10) yang dibuka Asisten Perekonomian dan Pembangunan Drs Agus Suryono Hadi.

Dalam Sambutannya Agus Suryono mengatakan Parimo perlu melakukan upaya percepatan bahkan lompatan untuk mencapai IPM agar berada di atas rata-rata IPM daerah lain di Provinsi Sulawesi Tengah.

"Upaya percepatan dan lompatan tersebut perlu direncanakan secara matang agar hasil yang dicapai sesuai dengan yang diharapkan yakni terdepan di Provinsi Sulawesi Tengah," katanya.

Ia menghimbau kepada semua pihak terkait agar dapat berkontribusi terhadap program peningkatan IPM di daerah ini.

"Saya memberikan apresiasi kepada Bappelitbangda Parigi Motong yang telah bekerja sama dengan Universitas Tadulako Palu untuk melaksanakan kajian tentang IPM khususnya bidang kesehatan," ujarnya.

Sementara itu Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Bappelitbangda Parimo selaku Ketua Penyelenggara Seminar Irwan, SKm.MKes mengatakan tujuan seminar tersebut adalah untuk mengetahui capaian komponen IPM Kabupaten Parigi Moutong yang dilihat dari aspek tingkat kesehatan penduduk.

Seminar ini diikuti ASN lintas organisasi pemerintah daerah (OPD) terkait antara lain Kepala Pusat Statistik Kabupaten Parigi Moutong, Kepala Rumah Sakit Umum (RSU) Anuntaloko Parigi, Kepala RSU Raja Tombolotutu Tinombo, Kepala RSU Pratama Moutong dan 23 Kepala Puskesmas.

Seminar sehari tersebut dihadiri juga narasumber dari Fakultas Ekonomi    Universitas Taduloko (UNTAD) Palu yaitu Dr. Mohamad Ichwan, SE, M.Kes dan Dr. Muhktar Lutfi, SE, M.Si (Aco/Humas Pemkab Parimo)

Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar