Dishub Palu Bongkar Pita Kejut Rute TdCC

id pita, kejut

Dishub Palu Bongkar Pita Kejut Rute TdCC

Pita kejut (antaranews)

Palu,  (antarasulteng.com) - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palu, Sulawesi Tengah membongkar sedikitnya lima pita kejut yang terpasang di jalan raya yang menjadi rute balap sepeda wisata Internasional Tour de Central Celebes (TDCC) 2017.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Palu, Setyo Susanto di Palu, Selasa, mengatakan pita kejut yang terpasang beberapa titik tertentu di jalan raya tersebut dapat membahayakan keselamatan para pebalap saat melintas.

Olehnya, secara teknis pita kejut akan dihilangkan menghindari hal-hal yang tidak di inginkan.

"Ada sekitar lima pita kejut yang nanti akan dibongkar agar tidak mengganggu dan membahayakan keselamatan para peserta," kata Setyo.

Ia menguraikan, titik-titik itu diantaranya, Jalan Trans Sulawesi di Kelurahan Mamboro Kecamatan Palu Utara, jalan Pangeran Diponegoro dan Jalan Kartini.

Setyo menguraikan, pihaknya belum bisa memastikan pasca TDCC nanti apakah pita kejut tersebut akan dibangun kembali atau tidak.

Namun ia mengatakan, kondisi itu akan dievaluasi kembali.

"Pasca TdCC kami akan evaluasi kembali apakah lokasi-lokasi tersebut urgen dibangun kembali pita kejut," ujarnya.

Sementara itu Wali Kota Palu, Hidayat menegaskan agar pemilik ternak menjaga hewan ternaknya agar tidak berkeliaran di jalan apalagi jalan yang menjadi rute TDCC.

Jika ada hewan ternak berkeliaran di jalan pada puncak pelaksanaan TDCC 8 November nanti, dirinya tidak segan-segan memberikan sanksi kepada pemilik ternak tersebut, sebab ini menyangkut keselamatan peserta.

Sebab, peserta memasuki Palu sebagai garis finish akan melakukan sprin dengan kecepatan rata-rata 80 sampai 90 kilometer per jam.

"Saya minta petugas keamanan bentul-betul mensterilkan jalur yang dilalui para pebalap jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," tutur Wali Kota Hidayat.

Kegiatan balap sepeda wisata internasional yang melibatkan sekitar 30 negara ini baru kali pertama dilaksanakan di Sulteng, hal ini tidak lain untuk menambah jumlah kunjungan wisatawan ke daerah tersebut.

Kegiatan yang digagas Pemprov Sulteng ini akan melewati empat kabupaten dan satu kota dengan jarak yang harus ditempuh sekitar 486,9 kilometer yang diikuti sekitar 120 pebalap mancanegara dan nasional.

TDCC akan berlangsung selama tiga hari mulai 6 s/d 8 November 2017.(skd)