Warga Napu Sulteng Rasakan Gempa Cukup Keras

id gempa

Warga Napu Sulteng Rasakan Gempa Cukup Keras

Petrus Demon Silli MSi, kepala Stasiun Geofisika Klas I Palu (Foto /Anas Masa)

Palu, (antarasulteng.com) - Camat Lore Utara, Yanson Tokare mengatakan gempa bumi 5,1 SR yang mengguncang Poso, Sulawesi Tengah juga dirasakan getarannya cukup keras di wilayah Napu.

"Tadi dini hari gempa bumi sempat mengejutkan warga banyak yang berhamburan ke luar rumah," katanya via telepon dari Wuasa, Kecamatan Lore Utara, Jumat.

Ia mengaku getaran cukup kuat, meski pusat gempa bukan di Dataran Napu.

Berdasarkan informasi bahwa gempa bumi yang terjadi di Poso pada sekitar pukul 00.02,17 WIB pada koordinat episentrum pada 132 Lintang Selatan dan 120 Bujur Timur atau tepatnya di darat pada jarak 11 km arah Selatan Kalora, Kabupaten Poso pada kedalaman sekitar 12 km.

Meski pusat gempa di Kecamatan Poso Pesisir, namun juga dirasakan getarannya di Dataran Napu.

Camat Yanson menambahkan sering terjadi gempa di Kecamatan Lore Utara, tetapi skalanya relatif kecil dan lemah sehingga masyarakat tidak merasakan.

Sementara Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palu, Irsan mengatakan Palu sendiri setiap hari ada gempa hanya tidak dirasakan sebab skala kecil.

Tetapi gempa yang terjadi terakhir di Poso pada hari ini sekitar pukul 00.02,17 WITA juga dirasakan di Ibu Kota Provinsi Sulteng cukup keras.

Data BMKG menyebutkan sejumlah wilayah di Sulteng rawan gempabumi karena memang berada pada jalur patahan gempa.

Tidaklah heran jika beberapa kabupaten/kota di Sulteng seperti Parigi Moutong, Poso, Sigi, Donggala dan Palu sering diguncang gempa bumi. (skd)