Masyarakat Gelar Ramah Tamah Sambut Pelepasan TdCC

id Gubernur, TdCC, Ampana

Masyarakat Gelar Ramah Tamah Sambut Pelepasan TdCC

Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola saat melepas lomba perahu layar tradisional di Pulau Kadidiri, Kepulauan Togean, Minggu (6/11). Longki mengajak serta pebalap internasional Tour de Central Celebes menyaksikan lomba tersebut.(Foto: Ismail Salahudin)

"Saya sangat bangga dengan acara ini karena dapat menumbuhkan dan mengembangkan prestasi olahraga sekaligus dapat melakukan promosi bidang wisata dan mengenalkan kekayaan adat istiadat,"
Palu (antarasulteng.com) - Masyarakat di Ampana, ibu kota Kabupaten Tojo Unauna, Minggu malam, menggelar ramah tamah bersama jajaran pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten setempat guna menyambut hajatan besar balap sepeda wisata internasional `Tour de Central Celebes/TdCC`.

Ramah tamah tersebut dipusatkan di Taman Khayal Ampana, dihadiri Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola, Bupati Tojo Unauna Mohamad Lahay beserta jajarannya serta sejumlah tokoh dari berbagai komponen masyarakat.

Ramah tamah itu menyajikan acara khusus dengan menampilkan tari sepeda. Tarian ini menggambarkan kegembiraan masyarakat setempat karena penyelenggaraan TdCC yang menempuh jarak 486,9 kilometer itu diawali dari Tojo Unauna.

Rencananya para pebalap akan dilepas dari Taman Khayal Ampana oleh Gubernur Longki Djanggola menuju Tentena pada Senin (6/11).

Bupati Mohammad Lahay berharap TdCC memberi dampak positif bagi daerah Sulawesi Tengah, khususnya Kabupaten Tojo Una Una.

"Saya harap TdCC dapat memacu berkembangnya sektor wisata dan terpeliharanya lingkungan hidup. Karena sektor pariwisata telah memberi dampak pembangunanm," katanya.

Pada kesempatan itu dirinya juga mengajak seluruh masyarakat agar terus mengambil peran dalam membangun daerah baik kabupaten maupun provinsi.

Sementara itu Gubernur Longki Djanggola mengatakan TdCC akan dilaksanakan secara berkala sehingga dirinya berharap kegiatan awal ini berjalan lancar, tertib dan aman.

"Saya sangat bangga dengan acara ini karena dapat menumbuhkan dan mengembangkan prestasi olahraga sekaligus dapat melakukan promosi bidang wisata dan mengenalkan kekayaan adat istiadat," katanya.

Gubernur berharap TdCC mendatang diikuti oleh seluruh kabupaten/kota di Sulawesi Tengah karena misi kegiatan tersebut dapat berimplikasi besar baik terhadap pembangunan infrastruktur, promosi wisata maupun terhadap pembangunan olahraga sepeda.

Sebelum TdCC memulai kebutnya pada etape satu dari Ampana menuju Kabupaten Poso, Gubernur juga telah mengajak para pebalap mengunjungi Pulau Kadidiri dan Wakai di Kepulauan Togean.

"Tempat itu merupakan pulau yang luar biasa, mudah-mudahan setelah mereka menyaksikan apa yang ada di sana, mereka dapat membantu mempromosikan keindahannya ke mancanegara," katanya.

Etape satu dari Ampana ke Tentena, Poso, para pebalap akan menempuh jarak 191.5 kilometer.

Sesampainya di Poso pebalap TdCC akan menghadiri penutupan Festival Danau Poso Tektonik. Acara ini dimeriahkan Band Ungu dan Slank.

Kegiatan ini merupakan kegiatan bersama antara pemerintah provinsi dan kabupaten dengan tujuan mempromosikan pariwisata di Sulawesi Tengah.***