PLN Makin Gencar Putus Sambungan Listrik Penunggak

id Pemutusan listrik penunggak

PLN Makin Gencar Putus Sambungan Listrik Penunggak

Listrik PLN (ANTARA)

Tidak melunasi kewajibannya, listrik diputus," kata Manager PLN Area Palu Suroso, Jumat."
Palu - Petugas PLN dalam beberapa pekan terakhir gencar memutus aliran listrik pelanggan yang menunggak membayar kewajibannya.

"Tidak melunasi kewajibannya, listrik diputus," kata Manager PLN Area Palu Suroso, Jumat.

Ia mengatakan sejak 01 Oktober 2012, PLN melaksanakan program pemutusan listrik di seluruh kabupaten dan kota di Sulteng.

Dalam melaksanakan program dimaksud, petugas tidak pandang bulu. "Tidak ada istilahnya pilih kasih dalam hal pemutusan," kata Suroso.

Program tersebut tidak hanya dilakukan PLN Area Palu, tetapi seluruh PLN di wilayah Sulawesi Utara, Tengah dan Gorontalo (Sulut-Tenggo).

Menurut dia, program ini merupakan upaya dari pihak perusahaan untuk menekan nilai tunggakan pembayaran listrik yang setiap tahunnya mengalami peningkatan.

Nilai piutang PLN Cabang Palu pada posisi akhir September 2012 mencapai lebih Rp12 miliar.

Selama program pemutusan dilaksanakan hingga kini, petugas PLN sudah memutus sekitar 35 ribu listrik pelanggan menunggak.

Jumlah pelanggan listrik yang menunggak sekitar 60 ribu dari total pelanggan listrik sebanyak 250 ribu.

PLN Cabang Palu meliputi wilayah kerja Kabupaten Morowali, Poso, Parigi Moutong, Donggala, Sigi dan Kota Palu.

Berdasarkan laporan dari bagian supervisi penagihan, nilai tunggakan yang berhasil ditagih lewat program pemutusan sudah berkisar lima sampai enam miliar.

PLN sendiri menargetkan dari program ini paling tidak bisa menekan nilai tunggakan hingga sekitar Rp1,3 miliar. "Itu target yang kami tetapkan," ujar Suroso. (BK03)

Editor : Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar