Parigi Moutong Terapkan Metode Pertanian Aquaponic

id Parimo, Aquaponic

Parigi Moutong Terapkan Metode Pertanian Aquaponic

Tim Mabes TNI AD mempraktikan teknologi aquaponic di hadapan Kadis dan staf TPHP Parigi Moutong, Rabu (14/11) (Antarasulteng.com/Jeprin-Humas Pemkab)

Teknologi aquaponic akan diterapkan di Parigi Moutong
Parigi (Antarasulteng.com) - Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong segera menerapkan metode pertanian aquaponic di wilayah Parigi Moutong dan saat ini metode itu sedang diuji coba di Desa Dolago, Kecamatan Parigi Selatan. 

Metode tersebut diterapkan untuk meningkatkan produksi dan kualitas hasil pertanian di wilayah yang dikenal sebagai penghasil beras itu. 

Kolonel Kav Rihananto Baroto (kanan) dari Litbang Markas Besar TNI Angkatan Darat mempraktekkan metode aquaponic di halaman Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Parigi Moutong, Rabu, (15/11).  

Metode aquaponic adalah sistem pertanian berkelanjutan yang mengombinasikan akuakultur dan hidroponik dalam lingkungan yang bersifat simbiotik atau bertanam tanpa menggunakan tanah/lahan. 

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Kabupaten Parigi Moutong Nelson Metubun mengatakan untuk mengembangkan metode itu, pihaknya telah mempesiapkan 'green house' berukuran 15x7,5 meter di halaman Dinas TPHP Dolago. 

Green house adalah sebuah bangunan yang dibentuk untuk menghindari dan merawat tanaman terhadap segala macam perubahan cuaca. Green house juga dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai rumah kaca. 

"Intinya dengan metode ini, menanam tanaman tidak perlu menggunakan tanah," kata Nelson. (Jeprin/Humas Parimo)