Stok Dan Harga Pangan Di Palu Terkendali

id pangan

Ilustrasi--kebutuhan pokok (FOTO ANTARA)

Palu,  (antarasulteng.com) - Stok dan harga berbagai jenis bahan pangan di pasaran Kota Palu, Sulawesi Tengah hingga kini menjelang Natal dan Tahun Baru masih cukup terkendali.

Kepala Bagian Administrasi Perekonomian Kantor Pemkot Palu, Tamin Tombolotutu, Kamis, mengatakan persediaan berbagai kebutuhan masyarakat baik komoditi pangan maupun lainnya di pasar-pasar tradisional maupun modern cukup memadai.

"Begitu pula, harganya relatif stabil dan terkendali," kata dia.

Pemerintah di daerah ini, kata dia melalui dinas terkait terus mengawasi perkembangan harga bahan/barang di pasaran.

Apalagi, dalam dua bulan ini, tentu ada peningkatan permintaan menjelang Natal dan Tahun Baru sehingga perlu penyediaan stok yang memadai.

Beberapa komoditi strategis yang banyak dibutuhkan masyarakat seperti gula pasir, minyak goreng, beras, telur ayam, tepung terigu, mantega dan susu.

"Itu komoditi-komoditi yang sangat dibutuhkan masyarakat dan pemerintah menjamin ketersediaan stok maupun harga tetap dapat dikendalikan," kata Tamin.

Pantau di Pasar Masomba Palu, salah satu dari tiga pasar tradisional di kota itu, stok semua kebutuhan pokok cukup tersedia dalam jumlah memadai.

Menurut para pedagang, selama ini suplai dari produsen berjalan lancar.

Rais, seorang pedagang beras mengaku masih memiliki stok beras dalam jumlah besar.

Beras yang dijualnya, seluruh dibeli dari petani lokal. Soal beras, kata dia, masyarakat tidak perlu khawatir kekurangan, sebab Sulteng merupakan daerah sentra produksi beras.

Selain itu, Sulteng juga bertetangga dengan dua daerah penghasil beras yakni Sulsel dan Sulbar. Di pasar-pasar tradisional di Kota Palu, selain beras lokal, juga ada beras produksi petani di dua provinsi tetangga Sulteng itu.

Berikut harga beras di tingkat pengecer untuk medium berkisar Rp9.000/kg dan premium Rp11.000/kg, bawang merah Rp15.000/kg dan bawang putih Rp20.000/kg, gula pasir Rp12.500/kg, minyak goreng Rp12.500/liter dan daging sapi segar Rp110.000/kg. (skd)
Pewarta :
Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar