Warga Desak Pemkab Perbaiki Jalan Longsor

id longsor

Warga Desak Pemkab Perbaiki Jalan Longsor

Ilustrasi (antaranews)

Sigi, Sulteng,  (antarasulteng.com) - Sejumlah warga di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah mendesak Pemkab Sigi untuk segera melakukan perbaikan badan jalan yang longsor di Desa Simoro.

"Jalur ini merupakan satu-satunya yang saban hari dilewati kendaraan dari arah Kota Palu menuju Kulawi, Kabupaten Sigi," kata Rudi, seorang tokoh masyarakat di Desa Simora, Jumat.

Ia mengatakan sebagian badan jalan sudah longsor sehingga kendaraan yang melintas perlu ekstra hati-hati karena bisa tergelincir ke jurang.

Desakan senada juga disampaikan Kres, salah seorang sopir angkutan pedesaan yang melayani trayek Palu-Kulawi pp. Ia juga meminta Pemkab Sigi secepatnya memperbaiki kembali badan jalan yang lonsgor mengingat jalur tersebut sangat vital bagi perekonomian masyarakat.

Menurut dia, jika tidak segera diperbaiki, dikhawatirkan kondisi jalan akan semakin tambah para dan terancam putus total.

Apalagi, kata dia, sekarang ini hujan masih mengguyur sebagian wilayah Kabupaten Sigi.

Kabupaten Sigi selama ini termasuk rawan bencana alam banjir dan tanah longsor sehingga perlu mendapat perhatian pemerintah.

Desa Simoro merupakan salah satu desa di Kecamatan Gumbasa, Kabupaten Sigi yang berada dekat dengan kawasan Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) dan terletak pada jalur Palu-Kulawi.

Selain sebagian badan jalan sudah ambruk, terlihat pula Kantor Pos Kehutanan yang ada di tikungan jalan di Desa Simoro terancam roboh.

Baik Kres maupun Rudi sangat berharap Pemkab Sigi melalui dinas terkait segera mengambil langkah perbaikan terhadap prasana jalan yang rusak akibat longsor itu. (skd)