Pemprov Sulteng Usulkan Penerbangan Perintis Palu-Morowali

id haris

Kadishub Sulteng Abdul Haris Rengga (Foto Antara)

Mudah-mudahan tahun 2018 Kemenhub memberikan subsidi untuk penerbangan perintis ini
Palu,  (antarasulteng.com) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah telah mengusulkan ke Kementerian Perhubungan untuk menyediakan dana subsidi penerbangan perintis dari Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu ke Bandara Maleo, Kabupaten Morowali.

"Mudah-mudahan tahun 2018 Kemenhub memberikan subsidi untuk penerbangan perintis ini," kata Kepala Dinas Perhubungan Sulteng, Adul Haris Renggah di Palu, Jumat.

Mantan penjabat Bupati Morowali Utara itu mengemukakan bahwa penerbangan perintis Palu-Morowali diperlukan agar ongkos tiket bisa dijangkau oleh masyarakat pada umumnya.

Saat ini, penerbangan ke Bandara Maleo, Kabupaten Morowali dan Morowali Utara, masih terbatas untuk rute Bandara Sulteng Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan, dengan frekwensi dua kali sepekan menggunakan pesawat ATR-42.

Sedangkan akses dari Kota Palu, ibu kota Provinsi Sulteng ke Morowali terbatas pada angkutan darat dengan jarak perjalanan sekitar 500 kilometer dengan waktu tempuh 14 jam.

Menurut Haris Renggah, penerbangan perintis ke Bandara Maleo Morowali akan meningkatkan aksesibilitas masyarakat yang pasti memicu peningkatan perekonomian dan kunjungan wisatawan.

"Kabupaten Morowali dan Morowali Utara itu selain sebagai daerah pertambangan nikel dan sentra perkebunan kelapa sawit dan karet di Sulteng, juga adalah daerah tujuan wisata yang cukup menarik," ujarnya. (skd)
Pewarta :
Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar