Parigi Moutong komitmen berdayakan Litbang

id parimo

Parigi Moutong komitmen berdayakan Litbang

Sekda Parigi Moutong Ardi memberikan pengarahan pada Rakor Kelitbangan di Parigi, Selasa (21/11). (Antarasulteng.com/Aco-Humas Parimo)

Parigi (Antarasulteng.com) - Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Parigi Motong menggelar Rapat Koordinasi Litbang tahun 2017, dibuka oleh Sekretaris Daerah Ardi, S.Pd, MM di Parigi, Selasa.

Rapat koordinasi sehari tersebut mengangkat tema 'peran strategis penelitian dan pengembangan sebagai poros perumus kebijakan dalam mendorong implementasi inovasi daerah dan pemanfaatan potensi daerah.'

Dalam sambutannya mewakili bupati, Sekda mengatakan rapat koordinasi kelitbangan ini memiliki peran strategis yang tidak terbatas pada penyediaan rekomendasi kebijakan berdasarkan kaidah keilmuan tetapi juga sebagai inisiator dan penyedia alternatif kebijakan yang implementatif yang didukung oleh data dan fakta yang valid.

"Saya berharap rakor ini dapat memberi masukan dan pertimbangan teknis kepada pimpinan daerah dalam menyikapi dinamika dan memberikan solusi permasalahan pemerintah daerah terutama dalam menghadapi berbagai peluang dan tantangan daerah," katanya.  

Ia juga berharap rakor penelitian dan pengembangan daerah ini dapat menambah pemahaman terhadap peran penelitian dan pengembangan sebagai poros perumus kebijakan dalam mendorong implementasi inovasi daerah dan pemanfaatan potensi daerah Parigi Moutong kedepan.

"Karena itu hendaknya kita bangun sebuah komitmen bersama yang konsisten di jajaran pemkab serta mencoba untuk merekomendasikan satu langkah yang khusus bagi penguatan dan pemberdayaan litbang dengan pendekatan yang konseptual," kata Ardi.

Rakor ini juga menghadirkan narasumber dari Universitas Tadulako Palu yaitu DR. Rosida Adam, SE,MP dan DR. Timudin Bowo, M.Si dan dihadiri 70 peserta dari berbagai organisasi pemeintah daerah (OPD) se-Kabupaten Parigi Moutong. (Aco/Humas Parigi Moutong).