Sulteng Dilanda Hujan Hingga Empat Bulan Mendatang

id bmkg

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika - BMKG (istimewa)

Palu,  (antarasulteng.com) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Mutiara Palu menyebut Provinsi Sulawesi Tengah dalam empat bulan mendatang (Desember 2017-Maret 2018) mengalami hujan dengan intensitas sedang.

"Saat ini kita telah memasuki musim hujan, namun hampir seluruh wilayah di Sulteng hujan dengan intensitas sedang," kata seorang petugas BMKG Stasiun Meteorologi Mutiara Palu, Afan Nugraha, Selasa di Palu.

Curah hujan dengan intensitas sedang juga berlaku di wilayah Kota Palu.

Hasil prakiraan cuaca BMKG Palu ini dengan curah hujan dalam intensitas sedang tidak berpotensi menimbulkan bencana.

Afan memaparkan, meski curah hujan dalam intensitas sedang, namun di sejumlah wilayah di Sulteng juga masih mengalami hujan dengan intensitas tinggi, seperti di wilayah Riopakava, Banawa, kemudian Balaesang dan Sojol Kabupaten Donggala.

Sementara Kabupaten Tolitoli dengan intensitas tinggi terjadi di wilayah Dampal Utara dan Dampal Selatan.

Sedangkan Kabupaten Poso dan Morowali hingga pertengahan November 2017 ini curah hujan di wilayah tersebut masih dalam intensitas tinggi.

"Untuk beberapa wilayah ini BMKG terus melakukan pemantauan," tambahnya.

Ia menjelaskan, musim hujan yang melanda wilayah Sulteng ini berlaku hingga Maret dan memasuki bulan April hingga mei 2018 curah hujan di daerah itu berangsur mulai berkurang.

"Ini hasil prakiraan cuaca saat ini dan kami terus melakukan pembaharuan setiap bulannya," ujar Afan.

Meski curah hujan dalam intensitas sedang yang akan melanda wilayah Sulteng ke depan, namun masyarakat tetap waspada terhadap bencana jika sewaktu-waktu terjadi faktor global lainnya.

Faktor alam sulit dipastikan secara detail, namun dengan bantuan prediksi-prediksi yang dilakukan instansi terkait dapat membantu publik mengatisipasi hal-hal kursial jika itu kemungkinan terjadi. (skd) 
Pewarta :
Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar